5 Hal Dasar Yang Wajib Disiapkan Sebelum Magang Ke Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang paling diminati untuk melakukan magang kerja atau internship. Selain karena ingin melatih kedisiplinan, internship di Jepang juga memaksa kita untuk beradaptasi dengan bahasa dan budaya mereka yang belum tentu sama dengan budaya Indonesia. Jadi setelah menyelesaikan masa internship, peserta internship pasti memiliki pengalaman yang menarik untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Namun sebelum magang ke jepang, tentunya ada beberapa hal yang mutlak dipersiapkan terlebih dahulu agar nantinya kegiatan magang atau internship berjalan nyaman dan lancar. Berdasarkan pengalaman pribadi saya selama training di Jepang, ada 5 hal yang wajib dipersiapkan. Apa saja? Yuk simak artikel berikut.

  • Niat dan mental yang super kuat

Niat adalah modal dasar yang harus dimiliki bagi kamu yang juga ingin training ke Jepang. Kalau hanya sekedar coba-coba dan gengsi karena teman-teman banyak yang training ke luar negeri, sebaiknya kamu harus kumpulkan niatmu dulu sebelum mendaftar. Selain itu, diperlukan juga mental tidak hanya kuat, tetapi super kuat karena budaya kerja di Jepang itu sangat keras dan tegas. Bahasa Jepangnya sering disebut “Taihen”, “Kibishii”. Meskipun tujuan kita ke Jepang untuk belajar, namun kita akan tetap dianggap sebagai pekerja. Pekerjaan yang kita terima sama dengan pekerja lainnya, bahkan dengan orang Jepang itu sendiri.

  • Fisik Yang Kuat

Memastikan keadaan fisik dan badan yang sehat merupakan hal penting sebelum pergi ke Jepang, apalagi untuk menetap dan bekerja disana.  Jepang memiliki 4 musim yaitu Musim Semi (Haru). Panas (Natsu), Gugur (Aki), dan Dingin (Fuyu) yang memiliki perbedaan cuaca yang ekstrim. Musim panas di Jepang akan sangat panas, dan musim dinginnya akan sangat dingin, apalagi untuk orang Indonesia yang tidak pernah merasakan musim dingin yang teramat dingin karena di Indonesia tidak pernah turun salju.  Oleh karena itu, mulai dari sekarang jaga pola makan dan harus rajin berolahraga jika ingin magang ke jepang. Dan sebelum ingin magang ke jepang, kita akan diminta untuk Medical Check Up untuk memastikan tidak ada penyakit yang serius. Jika dalam test kesehatan nanti kamu memiliki penyakit yang serius, sebaiknya jangan magang di Jepang karena akan berbahaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Pengetahuan Bahasa Jepang

Magang di Jepang berarti bekerja sama dengan orang Jepang. Dan orang Jepang terutama daerah pinggiran Jepang (inaka) jarang yang bisa berbahasa inggris. Jadi, mau tidak mau kita harus bekomunikasi dengan bahasa mereka. Kendala bahasa ini lah yang menjadi kendala terbesar bagi saya. Seringkali saya menemukan masalah atau dimarahi oleh Bos tempat saya training karena saya tidak mengerti apa yang beliau katakan. Ditambah lagi dengan etos kerja orang Jepang yang terkenal keras membuat GEP semakin luas. Oleh karena itu pengetahuan Bahasa Jepang merupakan hal yang wajib dikuasai. Memang sangat susah dalam mempelajari Bahasa Jepang yang beragam, namun sebaiknya dari sekarang belajarnya dengan serius minimal telah menguasai dasar – dasarnya. Seperti membaca dan menulis huruf katakana, hiragana, dan ungkapan-ungkapan dasar lainnya. Selain itu, pelajarilah kosa kata atau istilah-istilah dalam bidang tempat kamu bekerja. Misalnya kosa kata di Restoran dan perhotelan. Khusus untuk bidang restoran dan perhotelan, pelajari pula Bahasa Jepang paling sopan (Keigo) karena akan sangat sering digunakan. Adapun untuk memperlajari Bahasa Jepang, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Jepang atau belajar otodidak melalui website-website belajar bahasa jepang seperti Marugoto dan MLC Japan.

  • Pengetahuan Budaya Jepang

Sebelum ke Jepang, sangat penting untuk mempelajari budaya dan kehidupan di Jepang terlebih dahulu jika tidak ingin dikucilkan atau ditatap dengan tatapan yang tajam oleh orang Jepang. Karena orang Jepang sangat patuh dengan budaya dan prinsip hidup mereka, seperti mengetahui cara membuang sampah yang benar, cara menggunakan sumpit yang benar, tidak ribut ketika berada di transportasi umum, tidak menggunakan alas kaki/sandal saat masuk ke rumah, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui kebudayaan Jepang ini, kamu bisa download panduan hidup di Jepang pada link berikut.

  • Dokumen Keberangkatan

Jika 4 hal diatas sudah kamu usahakan dengan baik, saatnya memperjuangkan Dokumen Keberangkatan. Adapun dokumen keberangkatan yang diperlukan untuk pemagang terutama yang akan tinggal lebih dari 3 bulan adalah Passport dan Visa Internship. Untuk mendapatkan visa internship diperlukan Certificate Of Eligibility (COE). Pengajuan COE ini sangat rumit dan memakan waktu yang lama (Sekitar 1 – 4 bulan). Jadi harus sabar dan berdoa agar COE yang diapprove. Nah terkait dengan pengurusan Certificate Of Eligibility (COE) ini sudah saya bahas di artikel ini

Jadi, itu lah 5 hal dasar yang wajib dipersiapkan sebelum magang ke Jepang. Semoga bermanfaat ya!