Resensi

6 Perbedaan Alur Cerita My Lecture My Husband Versi Novel dan Series

Siapa yang tidak tahu drama series besutan MD Entertaiment bertajuk My Lecture My Husband? Drama series yang dibintangi oleh aktor ngetop Reza Rahardian dan aktris cantik Prilly Latuconsina ini benar-benar menyita perhatian publik sejak tayang perdana tanggal 11 Desember 2020 lalu melalui aplikasi We Tv dan Iflix.   Sebelum diangkat menjadi drama series, My Lecture My Husband ini adalah cerita watpad yang juga dipublikasikan  menjadi sebuah novel karya Gitlicious berjudul sama.

Cerita dimulai ketika Inggit, sang mahasiswa mendapatkan nilai C pada mata kuliah 3 sks yang diampu Sadewa Bentara Arya, dosen muda yang terkenal killer dan pelit nilai pada sebuah kampus swasta di Jakarta. Namun tanpa disangka, sang Ayah yang sedang sakit keras, menjodohkan Inggit dengan seorang laki-laki yang lebih dewasa yang tak lain adalah Pak Arya, dosen killer yang paling Inggit benci.

Karena merupakan series yang diadaptasi dari novel, tentunya ada beberapa perbedaan adegan dan alur cerita yang disuguhkan pada novel dan drama series yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini. Saat artikel ini ditulis, setidaknya ada 6 perbedaan, antara lain :

  • Nama Lengkap Inggit

Pada novel, nama lengkap Inggit adalah Inggita Almira Arundati, sedangkan di series, nama Inggit adalah Inggita Sari. Hal ini diketahui dari acara ijab khobul Inggit dan Arya pada episode 1.

Nama lengkap Inggit pada drama series adalah Inggita Sari
  • Nama pacar Inggit sebelum menikah dengan Pak Arya

Selain nama lengkap Inggit yang diganti, Tristan, nama pacar Inggit di series My Lecture My Husband juga bernama Kara pada novelnya. Entah kenapa diganti yaa.. wkwkwk

  • Daerah asal Inggit

Pada novel, Inggit diceritakan berasal dari Malang, Jawa Timur. Sedangkan pada drama seriesnya, Inggit berasal dari Yogjakarta, Jawa Tengah.

  • Perjodohan Inggit dan Arya

Dalam versi novel, diceritakan bahwa perjodohan Inggit dan Arya sudah diatur bahkan sudah disiapkan oleh kedua orang tua mereka. Saat sampai di kampung halaman, Inggit langsung diminta menikah dengan Pak Arya, tanpa memberikan Inggit kesempatan untuk menghubungi kekasihnya, Kara. Namun pada versi drama seriesnya, saat akan dijodohkan, sebenarnya Ayah Inggit sudah memberikan kesempatan kepada Inggit, untuk mengundang Tristan bertemu Ayahnya. Namun, ketika Inggit sudah mohon-mohon ke Tristan, Tristan malah bilang gak bisa dan gak siap. Dari sinilah dimulai konflik luka batin dan dilema yang dirasakan Inggit. Karena rasa sayangnya kepada ayahanda tercinta, Inggit terpaksa setuju untuk menikah dengan Pak Arya. Karena alasan inilah nantinya Tristan tidak akan bisa menyalahkan Inggit sepenuhnya, karena Inggit sudah memberikan kesempatan namun tidak digunakan dengan baik oleh Tristan. Uhuyy, gak sabar episode selanjutnya, wkwkwk.

Dialog Inggit memohon ke Tristan untuk datang ke Yogyakarta bertemu orang tua Inggit
Tristan yang menolak bertemu orang tua Inggit karena merasa belum siap dan belum yakin
  • Cara Iim mengetahui rahasia pernikahan Inggit dan Pak Arya

Iim adalah salah satu sahabat Inggit yang menjadi orang pertama yang tahu rahasia pernikahan Inggit dan Pak Arya. Namun, cara Iim mengetahui rahasia pernikahan Inggit dan Pak Arya antara versi novel dan series sangat berbeda. Pada novel, Iim tahu karena gak sengaja melihat Pak Arya ada dirumah Inggit saat Iim bertamu ke rumah Inggit. Sedangkan pada drama series, diceritakan bahwa Iim tahu dari postingan instagram sepupunya yang seorang asisten make-up pengantin yang berhasil merias pengantin yang tidak lain adalah Inggit. Pada episode mendatang, prediksi saya, Iim-lah yang menjadi penengah antara rumitnya hubungan Tristan dan Inggit ketika rahasia pernikahan tersebut telah terbongkar sepenuhnya.

  • Kematian

Pada novel, yang diceritakan meninggal adalah Ibu Pak Arya (Mertua Inggit), namun pada drama series, yang diceritakan meninggal adalah Ayah Inggit (Mertua Pak Arya).

Sekian perbedaan-perbedaan yang mencolok dari alur My Lecture My Husband versi novel dan drama series. Saat artikel ini dibuat, My Lecture My Husband baru tayang sampai episode 5. Untuk update’an perbedaan lainnya akan diupdate seiring perkembangan cerita pada drama seriesnya yaa!

See you..

Ni Made Ayu Natih Widhiarini

I have always been interested in tourism and hospitality research. I am enthusiastic person and willing to learn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese