Barang Bawaan Wajib Yang Harus di Bawa Saat Merantau ke Jepang Pertama Kali

Saat COE dan Visa sudah ditangan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah packing! Keterbatasan berat dan jumlah bagasi yang diperbolehkan oleh maskapai membuat kita sering bingung mikirin perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Karena Barang yang dibawa untuk tinggal menetap cukup lama di luar negeri pastinya berbeda dengan barang yang dibawa untuk jalan-jalan. Apalagi kalau tiket pesawat yang kita pesan exclude bagasi sehingga harus membeli bagasi lagi yang harganya tidak murah.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan coba membahas tentang tips barang bawaan wajib yang harus di bawa saat merantau ke Jepang pertama kali.

Dokumen

Dokumen seperti passport, Certificate Of Eligibility (COE), dan tiket pesawat merupakan dokumen mutlak yang harus dibawa. Selain itu, bawalah juga KTP, SIM, dan foto copy kartu keluarga dan akta kelahiran. Karena saat kamu akan memperpanjang passport atau visa semua dokumen yang berisi identitas diri mungkin saja akan diperlukan. Selain foto copy dalam bentuk fisik, jangan lupa foto juga dokumen aslinya dan simpan dengan baik dalam smartphonemu.

Obat-obatan

Hal kedua yang tidak boleh dilupakan adalah membawa obat-obatan yang sesuai dengan kondisi dan kesehatanmu. Obat-obatan yang wajib dibawa adalah obat panas, batuk, dan pilek, karena perbedaan suhu dan cuaca antara Indonesia dan  Jepang membuat tubuh kita akan sangat rentan terhadap ketiga penyakit tersebut. Meskipun biaya berobat dicover 70% oleh asuransi kesehatan disana, namun biaya 30%nya masih tergolong mahal. Jika kamu mempunyai penyakit bawaan seperti asma, bawalah obat yang biasa kamu minum dan mintalah surat keterangan dari dokter tentang penyakitmu dalam Bahasa Inggris. Jika nanti ada hal-hal yang mengharuskanmu ke dokter, penanganan akan jauh lebih mudah dan cepat.

Bahan Makanan

Ketika pertama kali ke Jepang, tentunya kita masih beradaptasi dengan kehidupan disana. Apalagi jika kamu ditempatkan di desa terpencil di Jepang seperti saya, sangat sulit untuk menemukan convenience store yang buka 24 jam dan kita belum tentu tahu cara akses menuju kesana. Oleh karena itu, bawalah bahan makanan terutama bahan makanan kering dan tahan lama seperti abon, mie instan, cream soup instan, bumbu instan, saos sambal, dan beberapa snack yang ringan.

Pakaian secukupnya

Bagi yang akan tinggal cukup lama di Jepang, saya sangat menyarankan untuk membawa pakaian secukupnya saja dan sesuaikan dengan musim di Jepang saat hari kedatangan. Tips :

  1. Bawalah pakaian secukupnya, seperti kaos 2 pcs, celana panjang 2 pcs, dan perlengkapan ibadah.
  2. Perbanyak bawa pakaian dalam, minimal 5 pcs.
  3. Jika datang saat musim semi atau musim panas, tidak perlu membawa jaket tebal, sepatu boots, dan aksesoris musim dingin di Indonesia karena kita bisa membelinya di Jepang. Perlengkapan musim dingin yang berat akan memakan banyak tempat pada koper kita sehingga tidak ada space untuk barang penting lainnya. Begitu pula jika datang saat musim gugur atau musim dingin. Cukup bawa 2 pasang long john, 1 winter coat dan boots yang akan di pakai.
  4. Lebih baik membawa lebih banyak bahan makanan daripada pakaian. Karena bahan makanan akan habis jika dimakan, sedangkan pakaian akan kita bawa lagi saat pulang ke Indonesia. Karena pastinya kita akan membeli pakaian lagi disana. Jika membawa terlalu banyak pakaian, bisa-bisa saat pulang nanti bagasi kita akan bisa beranak sampai 3 lho, repot kan?

Toiletries

Peralatan mandi dan kecantikan sangat banyak di Jepang namun harganya terbilang cukup mahal. Untuk menghemat uang sebelum mendapat gaji atau beasiswa pertama,  sebaiknya bawa sabun batangan, peralatan gosok gigi, dan shampoo secukupnya ya. Berikut adalah daftar peralatan mandi yang dirasa perlu.

  1. Sabun, shampoo dan conditioner sachet, deodorant
  2. Facial wash dan skin care sesuai kebutuhan
  3. Sikat gigi & pasta gigi
  4. Tisu basah
  5. Pembalut (untuk perempuan)
  6. Handuk
  7. Vitamin rambut
  8. Gunting kuku
  9. Sisir

Pengalaman saya yang terlalu banyak membawa sabun dan face wash ketika berangkat ke Jepang membuat saya tidak terlalu banyak mencoba skincare Jepang, dan saya sangat menyesal T.T

Bahkan ada beberapa face wash dari Indonesia yang saya bawa kembali pulang karena membawa saking banyaknya wkwkwk. Oleh karena itu, semua barang habis pakai seperti sabun, shampoo, pasta gigi, dll cukup dibawa untuk kebutuhan 1 atau 2 minggu saja. Karena menurut saya lebih baik mencoba sabun dan skincare di Jepang mumpung lagi di Jepang, hehehe. Kecuali jika kamu punya kulit yang sensitif yang sulit beradaptasi dengan produk baru.  Salah satu produk facial foam yang paling laris dan terkenal di Jepang adalah Senka. Gambarnya bisa kamu klik disini ya.

Peralatan Elektronik

Peralatan listrik di jepang memiliki voltase 110 – 120 V sedangkan di Indonesia 220 – 240 V. Oleh karena itu sebaiknya jangan membawa hairdryer atau catokan dari Indonesia karena tidak dapat digunakan bahkan bisa rusak. Peralatan elektronik yang harus dibawa antara lain :

  1. Laptop beserta chargernya
  2. HP beserta chargernya
  3. Adaptor universal converter => Gambar bisa klik disini
  4. Power bank
  5. Flashdisk atau hardisk

 

Alat Tulis

Bawalah alat tulis secukupnya, jika diperlukan bawalah beberapa Buku Belajar Bahasa Jepang dan panduan hidup di Jepang.

Uang Cash

Bawalah beberapa uang cash dalam bentuk yen untuk biaya hidup minimal satu bulan. Untuk para pelajar yang mendapatkan beasiswa, kemungkinan uang beasiswa masuk agak lambat dari yang diharapkan. Begitu pula bagi yang ke Jepang untuk bekerja, gaji tidak akan diterima ketika baru sampai di Jepang bukan?

Selain itu, sangat disarankan untuk menginstall mobile banking rekening bank Indonesia yang kalian miliki. Karena itu sangat berguna bagi kalian yang ingin mengirim uang yen dari Jepang ke Indonesia nantinya sehingga kalian bisa langsung cek saldo rekening bank Indonesia kalian apakah saldonya sudah masuk atau belum. Cara mengirim uang yen dari Jepang ke Indonesia sudah pernah saya bahas pada link berikut ini

Nah, demikian 8 kategori barang yang wajib dibawa ketika akan merantau ke Jepang pertama kali. Semoga perjalanan kamu ke Jepang nantinya berjalan lancar ya!

Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Ja ne…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *