Japan Internship,  Post Highlight

Cara Praktis Mengirim Uang Dari Jepang ke Indonesia

Mengirim  uang yen dari Jepang dan diterima dalam mata uang rupiah di Indonesia bukan lagi hal yang mustahil sepanjang kita tau langkah-langkahnya. Namun, tetap saja kendala bahasa dan biaya mahal yang dibebankan bank konvesional di Jepang membuat para kenshuusei merasa kesulitan.

Sama seperti apa yang saya alami ketika internship di Jepang, apalagi gaji yang saya terima masih dalam bentuk genkin (uang cash) sehingga saya tidak memiliki rekening bank. Belum lagi pegawai bank di wilayah tempat tinggal saya di Jepang tidak ada yang bisa Bahasa Inggris menambah kegalauan bagaimana saya bisa mengirim uang dari Jepang ke Indonesia? Apakah saya benar-benar harus membawa semua uang cash yang sama terima ketika kepulangan nanti?

Setelah browsing-browsing di internet dan minta rekomendasi teman yang juga magang di Jepang, ada beberapa cara praktis kirim uang dari Jepang ke Indonesia tanpa perlu membuat rekening bank dan berurusan dengan pegawai bank, yaitu menggunakan jasa pengiriman uang khusus seperti Kyoudai, Brastel remit, dan SBI Remit. Saya sendiri menggunakan layanan brastel remit karena beberapa alasan, diantaranya :

  1. Cara registrasi yang sangat mudah, hanya perlu KTP Penduduk Jepang (Zairyou Kado) dan kartu my number
  2. Dukungan multi bahasa termasuk Bahasa Indonesia
  3. Biaya pengiriman uang yang relatif murah dibanding Bank Konvensional
  4. Proses transaksi pengiriman mudah dan cepat.
  5. Mobile friendly yaitu ada aplikasi yang bisa di-install smartphone
  6. Pengiriman uang dilakukan melalui JP Post ATM yang tersebar dimana-dimana termasuk di tempat tinggal saya yang terpencil.

Berikutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah mendaftar layanan brastel remit.

  • Siapakan zairyou kado dan kartu My Number
  • Download dan install aplikasi Brastel Remit di play store untuk Android, dan Appstore untu pengguna IOS. Sebenarnya bisa juga mendaftar melalui website resmi Brastel Remit . Namun saya lebih rekomen untuk daftar melalui aplikasi di smartphone saja karena lebih mudah dan cepat.
Aplikasi Brastel Remit untuk smartphone
  • Setelah install, buka aplikasi kemudian create account. Baca semua term and conditions dan setujui semua persyaratan yang diajukan. Kemudian ikuti langkah-langkah pembuatan akun sesuai aplikasi Brastel Remit. Dalam proses pembuatan akun ini, kita akan diminta untuk foto selfie dengan memegang zairyou kado. Jadi pastikan wajah kalian jelas terlihat kalau bisa yang rapi ya, hehehe. Oh ya, satu lagi, semua data yang diinput harus sesuai dengan data pada zairyou kado ya.
  • Lengkapi data my number
  • Setelah itu, pihak brastel remit akan memvalidasi data kamu. Rajin-rajinlah cek notifikasi, jika ada persyataran yang kurang atau perlu konfirmasi lebih lanjut biasanya akan diberitahukan dalam waktu kurang dari 24 jam.
  • Lengkapi juga beberapa data diri seperti nomor rekening bank yang akan dikirimi uang. Bisa rekening pribadi atau rekening orang tua, pacar, teman, dan orang yang ingin kalian kirimi uang. Brastel resmi ini support hampir semua bank yang ada di Indonesia lho.
  • Setelah semua beres, kartu yucho akan dikirim ke alamat yang kamu daftarkan sesuai zairyou kado. Proses pengiriman kurang lebih 2-3 hari kecuali pada saat hari libur nasional seperti Golden week akan memerlukan waktu pengiriman yang lebih lama.
Kartu Yucho saya terima hanya berselang 2 hari setelah pendaftaran terkonfirmasi.

Setelah kartu diterima, waktunya mengirim uang! Bagaimana caranya?

Pertama-tama, kalian harus menyetor deposit ke ATM JP Bank melalui Kartu Yucho terlebih dahulu. JP Bank biasanya selalu ada di kantor post pada semua wilayah di Jepang. Jadi cari tahulah dimana JP Bank terdekat di tempat tinggal kalian.

ATM JP Bank yang ada di dalam kantor post dan pusat perbelanjaan

Cara depositnya pun sangat mudah. Tuorialnya bisa dilihat langsung di aplikasi brastel remit.

Pilih petunjuk deposit
Pilih kartu yucho
Pilih JP Bank
Pilih salah satu opsi berikut. Saya selalu menggunakan ATM Japan Post yang ada di dalam kantor post

Setelah deposit terkonfirmasi dan masuk ke aplikasi brastel remit, kalian sudah siap mengirim uang, yeay!!

Dalam pengiriman uang umumnya memerlukan waktu 1-3 hari kerja tergantung jenis bank yang didaftarkan dan hari libur yang berlaku di negara penerima. Namun berdasarkan pengalaman saya mengirim uang, uangnya sudah saya terima bahkan kurang dari 1 jam. Cepat bukan?

Tips and trik :

  • Untuk mendapatkan diskon pengiriman uang 50% selama 2 kali pengiriman, masukan kode promo berikut x4bn4e ketika proses pendaftaran,
  • Sebelum mengirim uang, cek rate tukar yang berlaku pada hari tersebut dengan menggunakan brastel simulator pada website resmi Brastel Remit  . Meski nilai tukar sifatnya fluktuatif, tetapi tidak ada salahnya menunggu nilai tukar yang tinggi kan? Karena selisih 0.1 rupiah saja nilainya akan sangat berarti jika mengirim puluhan ribu yen.
  • Tips yang paling penting! Sebelum pulang ke Indonesia, sebaiknya depositkan semua uang yen yang kalian miliki ke aplikasi Brastel Remit, kenapa? Karena nilai tukar pada aplikasi brastel remit rata-rata selalu lebih tinggi dibandingkan kalian menukar uang yen di bank-bank atau money changer di Indonesia.  Sebagai perbandingan, perhatikan gambar berikut.
Rate di brastel remit yaitu 138,001 (Update tanggal 30 April 2020)
Yang bertanda merah adalah nilai tukar bank notes (nilai tukar yang digunakan ketika kita menukar alas di bank). Selisih 2 yen dibandingkan dengan nilai tukar pada brastel remit.
Rate beli di money changer yang hanya 130 rupiah per 1 yen. Jauh lebih rendah dari nilai tukar bank dan brastel
  • Jika saat melakukan deposit ratenya belum bagus, pengiriman uang ke rekening bank masih bisa dilakukan ketika sudah sampai di Indonesia. Yang penting uang yen tersebut sudah terdeposit di akun brastel remit.

Nah, bisa disimpulkan layanan pengiriman uang melalui Brastel Remit sangat mudah dan praktis dengan nilai tukar yang kompetitif bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mengirim uang yen dari Jepang ke Indonesia ya! Tetap semangat ditengah pandemi Covid-19 ini, semoga pandemi ini segera berlalu 🙂

Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ya! Sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂

Ni Made Ayu Natih Widhiarini

I have always been interested in tourism and hospitality research. I am enthusiastic person and willing to learn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese