Cerita Kehidupan di Jepang : Ketinggalan Bus Akibat Tidak Teliti Membaca Kanji

Hidup di negara orang itu ternyata gak gampang. Perlu proses penyesuaian diri dengan lingkungan, makanan, dan budaya sekitar.
Jepang sebagai salah satu negara maju di dunia, punya aturan yang sangat ketat dalam berbagai hal. Hidup di Jepang tidak sama seperti hidup di negara lainnya yang menggunakan huruf latin. Jepang masih melestarikan huruf mereka, yaitu hiragana, katakana, kanji. Hiragana dan katakana mungkin masih bisa di baca bagi orang asing yang masih pemula dalam belajar bahasa jepang. Tapi kanji? Hmmm aksara satu ini benar-benar sangat sulit untuk dibaca, apalagi di mengerti. Setiap kanji memiliki makna tersendiri dan jika dipasangkan dengan kanji lain, bisa saja artinya akan sangat sangat berbeda.
Orang jepang sendiripun mengakui kanji itu sulit, bahkan ada banyak sekali kanji yang mereka belum kuasai.
Hahh.. mau cerita sedikit tentang pengalaman saya ketika menunggu bus hampir 1 jam, tapi ketika bus itu tiba, saya malah tidak naik karena salah mengingat kanji! Alhasil saya harus menunggu bus berikutnya yang datangnya 1 jam sekali.
Bus yang seharusnya saya naiki adalah bus jadwal 8.26 namun busnya terlambat datang, akhirnya datang pukul 8.31. Ini adalah pengalaman yang menurut saya tidak akan terjadi kalau saja saya bisa sedikit lebih teliti.
Hmmm.. apakah kalian pernah mengalami hal yang sama?
Ceritakan di kolom komentar ya!