Menikmati Keindahan Senja di Pantai Nipah Lombok

Sore itu (1 Februari 2019), ditemani oleh mahasiswa pariwisata yang juga anggota HMPI dan Ketua Genpi Poltekpar Lombok, Wendi, kami diajak pergi ke salah satu pantai yang indah dan harus dikunjungi ketika datang ke Lombok.

Pantai memang menjadi salah satu daya tarik wisata andalan yang dimiliki Pulau Lombok. Tak kalah dengan Bali, Lombok juga memiliki pantai yang sama indahnya, salah satunya Pantai Nipah.

Pantai Nipah terletak di Malaka, Pemenang, Lombok, sekitar 20 menit dari Pantai Sengigi. Jalan aspal yang mulus dengan pemandangan bukit hijau dan keindahan lekukan garis pantai selalu setia menemani perjalanan kami. Kontur jalan yang berbelok-belok dan naik-turun membuat perjalanan menuju pantai ini menjadi petualangan yang cukup seru. Kami pun sempat berhenti untuk menikmati pemandangan laut dari atas tebing.

Spot foto dengan pemandangan Pantai Nipah

Di spot ini juga terdapat beberapa monyet yang cukup jinak.

Pantai Nipah sangat mudah untuk ditemui, karena sudah ada signage yang memadai di pinggir jalan menuju pantai. Namun, jalan yang di dekat pantai tersebut rupanya masih perlu diperbaiki.

Akses jalan menuju ke Pantai Nipah perlu diperbaiki

Sama seperti pantai-pantai lainnya, Nipah juga menghadirkan hamparan pasir putih dengan air laut bening yang mendamaikan. Pantai Nipah memiliki garis pantai yang cukup landai dan panjang, ombaknya pun tidak terlalu besar sehingga pengunjung bisa bebas bermain dan menikmati keindahannya. Ketika senja tiba ditambah dengan cuaca yang cerah, pengunjung bisa melihat sunset seperti di Pantai Sengigi atau di Pantai Tanjung Aan. Namun sayang sekali waktu itu kami belum beruntung karena sunsetnya sedang bersembunyi di balik awan.

Pantai Nipah

Spot foto di Pantai Nipah dengan pemandangan sunset

Selain menikmati sunset, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner seafood di pantai ini. Ada ikan bakar, sate cumi, sate udang, dan olahan lainnya. Harganya berkisar antara Rp 50.000 – Rp 75.000/ikan bakar yang bisa dinimati oleh 3-4 orang. Di sekitar kedai, terdapat beberapa pondok yang bisa digunakan untuk menyantap kuliner seafood sambil melihat panorama yang los ke pantai.

Olahan Hasil laut yang dijual di sepanjang Pantai Nipah

Seafood khas Pantai Nipah

Overall, Pantai Nipah ini wajib dikunjungi apalagi kami kamu yang hobby photography. Pantai ini benar-benar menawarkan rasa tentram dan nyaman karena belum terlalu banyak pengunjung yang datang.