Kesehatan mata,  Post Highlight

Yuk Ketahui 4 Kelalaian Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan, apalagi kecanggihan teknologi seperti saat ini membuat semua orang ‘kecanduan gadget’. Morning routine saat ini bukan lagi minum segelas air putih atau buru-buru ke kamar mandi, tapi justru ambil smartphone kemudian check instagram, twitter dan sosmed lainnya. Iya gak?
Well, penggunaan gadget yang terlalu berlebihan tanpa memperhatikan kesehatan mata membuat mata kita sering perih, cepat lelah, bahkan berair. Yang paling parah lagi adalah timbulnya penyakit rabun pada mata sehingga penderitanya mau gak mau harus pakai alat bantu berupa kacamata atau softlens. Ribet!
Ribet, ya ribet. Itulah yang saya rasakan sebelum memutuskan operasi lasik. Selain ribet penderitaan yang paling membuat saya tidak nyaman adalah pusing tak tertahankan hampir setiap hari. Berawal dari minus 2,5 sejak 10 tahun yang lalu hingga minus 6,5 dan silinder 4. Hal tersebut karena saya benar-benar lalai dalam menjaga kesehatan mata sehingga minus dan silindernya naik drastis setiap tahun.
Nah, dalam artikel ini saya akan jabarkan setidaknya ada 4 kelalaian dalam menjaga kesehatan mata yang sering saya lakukan, yaitu :

  • Tidak pernah check kesehatan mata ke dokter mata. Kelalaian pertama adalah selama menderita miopia dan silinder (astigmatisme), saya tidak pernah sekalipun check kondisi mata saya ke dokter mata. Semua saya percayakan pada optik padahal ternyata tidak semua optik dan pegawainya mempunyai sertifikat sebagai ophthalmologist sehingga hasil pemeriksaannya kurang akurat. Bahkan sengaja dinaikin biar mata kita menyesuaikan dengan ukuran minus yang tinggi. Nah lo?
    Oleh karena itu saya sangat menyarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan mata minimal 1 tahun sekali ke rumah sakit mata atau dokter mata, apalagi bagi teman-teman yang menderita mata rabun. At least, jika kita ditangani dengan pakar yang tepat, akan lebih mudah untuk kita bisa bertanya dan konsultasi bagaimana cara menjaga kesehatan mata, disesuaikan dengan hasil pemeriksaan mata kita.
  • Tidak suka makan sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah adalah sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan mata, seperti vitamin A, vitamin C, lutein, zeaxanthin, lyocopen, dan lain sebagainya. Sayangnya, saat menderita miopia saya sangat jarang mengkonsumsi sayur dan buah sehingga mata saya tidak ternutrisi dengan baik. Namun setelah saya tahu dan menyadari semua ini, sebisa mungkin saya mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayur dan buah, seperti sayur hijau, wortel, buah kiwi, nanas, buah naga, dan sayur kale. Untuk mensiasati rasa sayur yang kurang enak, saya biasanya jus dan campur dengan buah-buahan yang manis, sehingga rasanya bisa diterima oleh lidah saya. Teman-teman juga bisa mencobanya metode tersebut dirumah ya!
  • Tidak pernah pakai tetes mata. Bagi penderita mata minus, sering kali mata akan cepat perih, terasa kering, atau berair apalagi bagi yang bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Radiasi yang dipantulkan dari komputer itulah yang membuat mata kita cepat terasa kering. Untuk mengatasinya, dokter akan menyarankan untuk meneteteskan obat tetes yang mengandung senyawa efektif untuk me-refresh mata. Meski saya tahu teorinya, namun saya tidak pernah sekalipun mempraktikannya ketika mata saya masih rabun. Dasar aku!
  • Tidak pernah minum vitamin mata. Kesalahan fatal yang terakhir adalah saya tidak pernah minum vitamin mata sekalipun selama 10 tahun! Kata dokter, jika kita tidak bisa menjaga kesehatan mata dengan rutin olahraga mata atau mengkonsumsi sayur dan buah, kita bisa mensiasatinya dengan rutin minum vitamin mata, apalagi yang sering menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama. Namanya vitamin mata, pastinya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan mata kita. Jadi mulai sekarang saya selalu menyisihkan tabungan atau sedikit dari gaji saya untuk membeli vitamin mata.

Nah, itulah 4 kelalaian yang saya lakukan selama menderita miopia dan silinder. Bagi teman-teman yang sama seperti saya, yuk ubah kebiasaan burukmu! Jagalah kesehatan mata karena mata adalah jendela dunia.
Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.
Jangan lupa like and share yaa, terima kasih.

Cheers,

Anw

Ni Made Ayu Natih Widhiarini

I have always been interested in tourism and hospitality research. I am enthusiastic person and willing to learn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese