tanda penurunan berat badan

7 Tanda Berat Badan Turun Dengan Baik

Hayooo.. siapa disini yang lagi program diet untuk menurunkan berat badan? (nunjuk diri sendiri yang juga lagi program menurunkan berat badan, hehehe).

Saat menjalani program diet pastinya kita gak sabar untuk segera melihat hasil akhirnya. Seperti saya yang baru seminggu olahraga sudah pengen garis timbangannya pindah ke kiri, hihihi.

Setelah baca-baca buku tentang diet sehat, sebenarnya penurunan berat badan dengan cara diet belum tentu bisa memberikan hasil yang instan.

Alih-alih stress karena berat badan gak kunjung turun, mending tetap lanjut olahraga dan mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, terutama untuk para remaja jompo yang rentan kena penyakit pegel-pegel seluruh badan.

Baca Juga : 8 Tips Mengatasi Sindrom Remaja Jompo

Jika sudah teratur mengatur pola makan yang sehat dibarengi dengan melakukan olahraga yang tepat, pasti berat badan juga akan turun ke angka ideal kok! Zaman sekarang siapa sih yang gak mau punya badan sehat dan langsing? Tapi yaa memang harus sabar.

Nah, bagi kamu yang benar-benar lagi menjalani program diet, memahami tanda berat badan turun dengan baik itu juga penting lho, biar kita gak keblablasan dietnya. Alih-alih punya badan ideal, eh ternyata jadinya malah kurus kering karena diet yang ekstrim.

Memahami mengenai tanda turun berat badan dengan baik ini bisa dijadikan alat untuk mengamati kemajuan dalam menjalani program diet. Tentu untuk tanda berat badan turun ini tidak berdampak pada tampilan fisik saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan kondisi mental.

Bagi kamu yang penasaran apa aja tanda berat badan turun bisa simak penjelasan berikut ini.

7 Tanda Berat Badan Turun Dengan Baik 

Mengalami penurunan berat badan menjadi salah satu keinginan dari kalangan masyarakat yang mengalami obesitas. Ada beberapa tanda berat badan turun yang harus diketahui yaitu:

1. Pakaian Lebih Longgar

Tanda berat badan turun yang pertama bisa dilihat ketika menggunakan pakaian. Tentu saja pakaian akan terasa longgar di bagian paha, pinggul maupun perut. Bahkan ketika sudah mengalami penurunan berat badan bisa menggunakan ukuran celana yang lebih kecil. 

Untuk tanda penurunan berat badan bisa ditunjukkan pada lemak visceral yang telah berkurang. Lemak visceral merupakan salah satu jenis lemak yang mengelilingi semua organ tubuh. 

2. Otot Lebih Kencang 

Otot lebih kencang merupakan tanda adanya penurunan berat badan yang baik. Sumber gambar : Canva pro.

Program diet atau penurunan berat badan bisa berjalan secara optimal ketika diimbangi dengan olahraga. Olahraga yang bisa dilakukan adalah latihan kekuatan otot seperti bersepeda, High Intensity Interval Training, plank, dan angkat beban.

Ketika terjadi penurunan berat badan yang drastis ini akan menghilangkan beberapa kadar air dan massa otot. Selain itu, juga mengakibatkan anggota tubuh yang berotot menjadi mengendur. 

Baca juga : 5 Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Diet dan Meredakan Stress

3. Nafsu Makan Lebih Terkontrol 

tanda turun berat badan yang baik adalah kemampuan untuk mengontrol nafsu makan
Mampu mengontrol nafsu makan apalagi makanan yang manis akan bagus untuk diet yang sehat. Sumber gambar : canva pro

Penurunan berat badan tidak hanya bisa dilihat dari perubahan tubuh saja. Disaat tubuh sudah mulai adan penurunan berat badan, nafsu makan jadi lebih terkontrol. 

Usahakan pada saat diet banyak mengonsumsi serat dan protein. Sehingga untuk rasa kenyang yang ada di dalam tubuh bertahan lebih lama lagi. 

Baca juga: 10 Vitamin Penambah Berat Badan Terbaik

4. Tidak Mendengkur Saat Tidur 

tidur pulas dan tidak mendengkur
Tidur pulas tanpa mendengkur menjadi ciri bahwa lemak di leher sudah mulai meyusut. Sumber gambar : Canva pro

Mendengkur menjadi salah satu ciri bahwa berat badan sudah berlebihan. Selain itu, untuk melihat tanda-tanda ini akan terlihat jelas ada tumpukan lemak pada bagian leher. 

Lemak yang ada di leher ini akan mempersempit jalur pernapasan sehingga menimbulkan dengkuran. Maka dari itu, satu langkah yang bisa diambil yaitu diet yang berfokus mengurangi lemak pada leher. 

5. Rasa Nyeri Tubuh Mulai Berkurang 

Pada saat mempunyai berat berlebihan akan merasakan betis maupun pergelangan kaki terasa nyeri. Dengan berat badan yang berlebihan akan memberikan tekanan pada sendi-sendi tubuh bagian bawah. 

Saat berat badan sudah turun maka untuk beban sanggahan tubuh lebih ringan daripada yang sebelumnya. Hal tersebut juga menjadi tanda bahwa berat badan sudah mulai turun. 

6. Suasana Hati Lebih Membaik 

Ketika sedang diet tidak disarankan untuk makan makanan yang banyak mengandung gula. Dengan mengurangi makanan yang bergula ini dapat menambah serta membantu memperbaiki mood. 

7. Tekanan Darah Mengalami Penurunan 

Orang yang mempunyai berat badan lebih pasti akan terserang tekanan darah tinggi. Maka dari itu, kalangan masyarakat yang sudah mempunyai berat badan berlebih bisa melakukan program diet dan fokus pada lemak perut 

Manfaat Mengikuti Program Diet Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti penjelasan di awal artikel, menjalani program diet tidak hanya soal memiliki tubuh ideal dan langsing. Diet juga bermanfaat untuk tubuh agar menjadi lebih segar, bugar dan sehat lagi. 

Buat kamu yang sedang diet, agar program diet kamu berjalan dengan lancar, lakukanlah secara bertahap dan jangan memaksakan diri. Lakukan mindful eating agar tidak stress.

“Lalu, bagaimana kalau aku tidak bisa nyemil?”

Kabar baiknya, sekarang kamu tetap bisa diet meskipun mengonsumsi snack atau es krim. Hanya saja, pastikan memilih produk yang rendah kalori, seperti yang bisa kamu lihat pilihan produknya di pickybest.id. Karena Pickybest ada banyak pilihan produk yang bisa digunakan untuk mendampingi diet sehatmu.

Nah, itu dia penjelasan mengenai tanda-tanda telah terjadi penurunan berat badan. Semoga bermanfaat ya!

Yuk bisa yuk, semangat dietnya!

31 komentar untuk “7 Tanda Berat Badan Turun Dengan Baik”

  1. Ternyata kalau diet tuh goalsnya nggak cuma buat badan jadi langsing ya. Tapi justru goals yang didapat lebih dari itu. Jadi emang kudu selektif memilih metode diet nih jangan asal-asalan yang malah bikin penyakit.

  2. wah iya, aku juga suka ngerasa nyeri sama berat badan. dulu kurus banget makan sebanyak apa pun tetep kurus, sekarang berat badan turun 2 kilo aja pengin sujud syukur saking susahnya XD

  3. duh jadi keinget gelambir di perut nih hihi.. memang badan terasa lebih enteng ya kalau berat badan mulai turun karena hal yang sehat kaya olahraga dan diet yang bener, dan bikin happy 🙂

  4. Badan emang lebih enteng kalau diet. Cuma kalau turunnya drastis dlm waktu singkat ada efek samping spt gangguan menstruasi dan rambut rontok

  5. Baru tahu nih salah satu tanda yang bagus buat yg sedang menjalankan diet adalah tidur dengan tidak mendengkur. Eh kalau saya sendiri pengennya bisa naikin BB sih.

  6. pengen deh BB turun stabil dan baik, tapi apa daya kalau lihat makanan manis masih aja tergoda, hihihih
    padahal mupeng juga lihat teman yang udah bisa jaga dan kontrol pola makannya, badannya pun terlihat lebih sehat dan bugar.

  7. Sesungguhnya aku gak pernah sadar kalau mendengkur saat tidur.
    Tapi anak-anakku iseng dan ngrekam aku tidur. Ku tertegun sampai gak percaya.. “Oh, selama ini mamah mendengkur yaa..?”
    Huhu…pertanda harus diet ini yaa.. Mencoba produknya di pickybest.id..mungkin bisa menjadi salah satu solusi.

  8. saya pernah turun BB drastis kak sampai 20 kg dalam waktu 3 bulan, tapi emang bukan karena diet sih karena sakit, hehe. alhamdulillah sekarang naik naik dan gendut, berencana untuk diet tapi gak bisa nahan ngemil, mau nyobain Pickybest deh di menu diet saya

  9. Mendengkur itu ada kaitannya dengan berat badan juga ya. Ini bisa jadi salah satu tolak ukurnya juga, walau acap kali yang dilihat itu pas pakai baju jadi longgar dari biasanya

  10. saya nih harus diet, karena akhir-akhir ini terasa begah. Agak gendutan sih emang, untuk itu harus kudu olah raga dan jaga pola makan.

  11. dulu waktu rajin olahraga semua hal itu saya rasakan semua, paling soal mendengkur itu butuh orang lain yg menilai hehe kalau sekarang semenjak jarang olahraga bb naik drastis, butuh effort besar lg untuk olahraga

  12. Remaja di rumahku kudu melalukan penurunan berat badan dengan baik gini.
    Karbohidratnya mulai bisa ditahan, camilannya itu kalau laper nggak kenal waktu dan masih susah direm.
    Harus dialihkan ke camilan sehat juga dan semoga program menurunkan BB-nya juga berhasil.

  13. Wah saya nih yang pengen menurunkan berat badan. Gaya hidup selama menyusui dan kerja sebagai blogger freelance ini membuat mager dan nyaman banget di rumah terus. Waktunya memperhatikan kesehatan nih.

  14. Huaaa saya mau nambah berat badan kaaakk.. saya nambahnya pas hamil aja sama baru lahiran. Setelah itu turuuunnnnnn ky terjun payung 😄

  15. Dulu aku sering mikir diet tuh nyiksa, tapi belakangan aku baru tau juga nih kalo kita tetep bisa “makan enak” meskipun diet. Apalagi kalo ada produk2 camilan yg tetep bisa dinikmati tanpa khawatir bikin kita gagal diet.

    Terus ternyata banyak juga ya sinyal yg dikirim tubuh

  16. Wah ini nih. pakaianku sudah agak longgar, tapi lemak leher masih ada, alhasil kalau tidur masih ngorok deh. :v
    Mantep banget kak Natih, bisa jadi catatan buat diriku yang mau menurunkan berat badan

  17. Wah kirain aku doang yang kaya gitu. Baru diet sehari dua hari dah berharap timbangan ke kiri, haha. Ternyata ada tanda-tandanya ya kalau berat badan udah turun, baru tahu lo mbak. Dan dari 7 poin di atas sepertinya belum semua muncul di aku, berarti fix berat badan belum turun, wkwk.

  18. Iya nih bisa dilihat kalo celana udah pada longgar wkwk apalagi kalau abis lairan. Otot lebih kencang juga bisa jadi paarameter ya mba. Seneg deh kalo tetep bisa ngemil es ama snack, pokoknya pilih yang rendah kalori bisa ngintip di Pickybest ya.

  19. Oooo rupanya, ketika nggak mendengkur saat tidur, menandakan kalau berat badan pun menuju ke angka ideal ya. Termasuk ke porsi makan yang nggak lagi terlalu banyak, bukan karena menahan diri untuk nggak makan, melainkan perut yang merasa cukup dengan porsi makanan yang diasup. Aih, bermanfaat banget nih informasinya.

  20. Nomor satu itu udah pasti tanda paling benar dan valid sih. Meski kadang ga sepenuhnya benar.
    Meski pakaian udh mulai longgar, kadang aku malah naik berat badannya. Ternyata otot2 mulai kencang abis angkat beban tiap hari.
    Yang penting tetap jaga kesehatan dan jaga berat badan tetap ideal.

  21. Memiliki berat badan ideal menjadi idaman banyak orang karena menjadi salah satu pertanda tubuh yang sehat. Itu sebab begitu banyak program diet yg bisa dilakukan, utk yg doyan ngemil maka bisa konsumsi pickybest utk dampingi diet sehat yg tengah dilakukan

  22. Gagal fokus dengan istilah “remaja jompo,” hahaha. Memang benar nih, olah raga dan menjaga pola makan itu, sebaiknya diniatkan untuk menjaga kebugaran tubuh, bukan hanya untuk menurunkan berat badan. InsyaAllah hasilnya akan lebih baik dan langsingnya bertahan lama.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese