bubur kanji untuk asam lambung

Bubur Kanji untuk Asam Lambung dan Cara Mengolahnya

Bubur kanji terbuat dari tepung kanji yang sering juga disebut tepung pati atau tepung tapioka yang merupakan ekstrak dari singkong. Sebagian orang meyakini bubur kanji untuk asam lambung sangat baik manfaatnya. 

Hal tersebut dikarenakan tepung kanji memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu membuat kinerja pencernaan menjadi lebih baik dan mencegah sembelit. Dengan mengkonsumsi bubur kanji selama 1 minggu bisa meringankan nyeri yang disebabkan oleh asam lambung. 

Selain tepung kanji, sebenarnya masih ada tepung garut yang bisa meredakan asam lambung tinggi. Salah satu olahan tepung garut adalah Nutriflakes yang aman untuk dikonsumsi karena menggunakan bahan yang alami

Baca Juga : Makanan Yang Baik Dikonsumsi Pasca Operasi Usus Buntu.

Cara Mengkonsumsi Bubur Kanji untuk Asam Lambung

1. Mengolah Tepung Kanji Menjadi Bubur Kanji Sebagai Obat Asam Lambung

resep bubur kanji untuk asam lambung

Cara membuat bubur kanji untuk penderita asam lambung cukup mudah. Hanya dengan menyiapkan tepung kanji dan air. Tepung kanji banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek seperti Rose Brand, Cap Pak Tani, Bola Deli, dan lain sebagainya.

Beberapa langkah mengolah tepung kanji agar menjadi bubur kanji adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sdm tepung kanji, 400ml air, dan gula merah secukupnya.
  • Masukkan 2 sdm tepung kanji dan 400ml air ke dalam panci dan aduk sampai rata.
  • Masak adonan di atas api kecil sambil diaduk.
  • Angkat panci dari kompor saat tepung adonan sudah berbentuk seperti lem.
  • Tunggu sampai bubur kanji menjadi hangat dan siap untuk dikonsumsi. Bubur kanji lebih baik dikonsumsi saat pagi sebelum sarapan.

2. Mengkonsumsi Air Kanji bagi Penderita Asam Lambung

Selain diolah menjadi bubur kanji, ada satu cara lagi yang bisa digunakan untuk mengobati asam lambung yakni dengan mengkonsumsi air tepung kanji dengan cara berikut:

  • Siapkan tepung kanji sebanyak 1 ons dan air panas atau air mendidih ½ gelas
  • Sangrai tepung kanji tersebut sampai berwarna agak kekuningan.
  • Masukkan air panas sedikit demi sedikit pada tepung kanji yang sudah agak menguning.
  • Aduk-aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur dengan baik.
  • Lalu diamkan campuran tersebut agar menjadi hangat.
  • Setelah itu air kanji tersebut siap untuk dikonsumsi

Bagi penderita asam lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi campuran air kanji ini selama sekitar 1 minggu sebelum sarapan sampai asam lambung membaik.

3.Mengolah Tepung Kanji Menjadi Makanan

jajanan pasar ongol-ongol berbahan dasar tepung kanji untuk asam lambung
Ongol-Ongol berbahan dasar tepung kanji untuk asam lambung

Ada banyak olahan makanan yang berbahan dasar tepung kanji untuk dikonsumsi penderita asam lambung, misalkan seperti jajanan pasar ongol-ongol. Sebaiknya pastikan dulu resep makanan dari tepung kanji tersebut menggunakan bahan yang aman bagi kesehatan lambung.

Manfaat Lain dari Bubur Kanji bagi Kesehatan Tubuh

1.Sumber Protein Nabati

Selain manfaat bubur kanji untuk asam lambung, bubur kanji dikonsumsi oleh para vegetarian untuk mendapatkan asupan protein nabati yang penting bagi tubuh.

2.Untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bubur kanji memiliki banyak nutrisi seperti kalsium, vitamin K, dan zat besi yang berguna sebagai perlindungan dan perkembangan tulang seiring bertambahnya usia.

3.Meningkatkan Bakteri Baik Pada Usus

Pati resisten yang terdapat pada tepung kanji merupakan salah satu makanan bagi bakteri baik yang terdapat di usus besar dan sebagai penghambat tumbuhnya bakteri jahat sehingga bisa mencegah peradangan pada usus.

4.Untuk Mencegah Alzheimer

Selain untuk meningkatkan kepadatan tulang, vitamin K yang terdapat pada bubur kanji bisa membantu mencegah alzheimer karena cara kerja vitamin K lebih dari sekedar mempromosikan aktivitas osteotrofik dan kesehatan mental.

5.Menjaga Tingkat Energi Tetap Tinggi

Karbohidrat yang ada pada bubur kanji tidak memiliki kandungan kolesterol LDL dan lemak jenuh sehingga bisa meningkatkan energi dan rasa kenyang yang disebabkan oleh kandungan seratnya.

Jika belum yakin tentang manfaat bubur kanji untuk asam lambung bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter gastroenterologis atau dokter spesialis gangguan pencernaan. Mintalah saran untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian sekilas informasi tentang manfaat dan resep membuat bubur kanji bagi penderita maag atau asam lambung. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ya!

16 komentar untuk “Bubur Kanji untuk Asam Lambung dan Cara Mengolahnya”

  1. Ternyata kanji banyak manfaatnya ya. Kalau di sini kadang dibuat jajanan pasar. Tapi kalau kena manis gula sama kelapa gitu manfaatnya berkurang atau enggak ya …

  2. Oh jadi tepung kanji bisa untuk penderita asam lambung to….ko saya baru tau ya. Dulu seringnya konsumsi pati garut atau pati irut dan terbukti meringankan asam lambung saya. Btw terima kasih infonya karena ini sangat membantu. Wajib coba nih.

  3. Wah aku baru tahu kalau tepung kanji juga ada manfaatnya bagi tubuh hehhee… kanji itu kalau di sunda lebih dikenal juga sebagai tepung aci (please CMIIW ya) dan biasanya diolah jadi jajanan kayak cireng atau cimol hehe

  4. Cocok banget resepnya buat aku yang aku sering mengalami masalah dengan asam lambung. Sekarang jadi tahu tepung kanji bisa digunakan untuk itu. Manfaat lainnya juga banyak ya. Tfs Mbak Natih 🙂

  5. Baru tahu bubur tepung kanji bisa buat penderita asam lambung. Dulu waktu kerja di Jakarta sering banget mengalami asam lambung. Gegara gaya hidup gak sehat sih. Nunda jam makan ngejar dedlen, dll. Boleh ditiru ini resepnya. Makaciii.

  6. Setelah baca tulisan kak Natih saya baru tahu nih kalo bubur kanji memiliki manfaat untuk meredakan asam lambung. btw saya salfok sama kue ongol-ongol yang terbuat dari kanji, salah satu makanan favorit saya tuh hehe

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese