Health

Wajib Dicoba! 5 Manfaat Yoga Untuk Penulis dan Pekerja Kantoran

Mata lelah, sakit pinggang, dan pegal-pegal merupakan gangguan fisik yang kerap dialami oleh pekerja kantoran dan penulis. Bagaimana tidak, penulis dan pekerja kantoran merupakan dua profesi yang sebagian besar waktunya dihabiskan di depan meja kerja dan komputer. Seperti saya seorang pekerja kantoran yang juga sedang mengasah skill menjadi blogger.

Menjadi full time office worker dan blogger membuat saya keseringan terlalu fokus dengan screen time yang tak ada matinya. Jam 8 pagi – 4 sore dihabiskan di kantor sedangkan malam harinya fokus ngeblog atau sekadar latihan menulis. Apakah kamu juga melakukan rutinitas yang sama?

Kesibukan pekerjaan dan semangat menulis membuat kita terlalu larut dan seringkali lupa berolahraga. Bahkan mungkin bukannya lupa tapi malas berolahraga, hayo ngaku! Padahal olahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk melepas penat, meningkatkan energi, dan yang paling penting menjaga imunitas tubuh. Terlebih pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana mereka yang memiliki imunitas tubuh lemah akan lebih mudah terinfeksi. Ihh ngeri! Padahal udah dirumah aja.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat ideal untuk penulis dan pekerja kantoran. Banyak sekali penulis terkenal seperti J.D Salinger dan novelis Dan Bown rutin melakukan olahraga yoga. Salah satu alasan mengapa yoga adalah olahraga paling ideal karena yoga merupakan olahraga yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Bisa dikatakan bahwa yoga merupakan olahraga yang mampu membuat kita sehat secara holistik.

Akbar,  seorang instruktur yoga pada video yoga yang sering saya tonton di youtube mengungkapkan bahwa latihan yoga sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern yang kehidupannya kompetitif dan penuh tantangan. Kehidupan yang kompetitif dan penuh tantangan menyebabkan, masyarakat modern sulit menikmati hidup karena pikiran fokus untuk memenuhi target, mudah stres karena fokus di kehidupan menjadi human doing, seperti kehidupan sebagai pekerja kantoran dan penulis.

Lalu apa saja sih manfaat yoga bagi penulis dan pekerja kantoran? Berikut adalah 5 manfaat yoga bagi penulis dan pekerja kantoran yang saya kutip dari blog seorang yogi bernama Akhlis.

#1 Atasi Sakit Otot

Downward – facing dog merupakan salah satu pose yoga yang ideal untuk penulis dan pekerja kantoran

Manfaat yoga yang pertama adalah dapat mengatasi sakit otot dan sakit pinggang.

Pose-pose yoga memiliki dampak positif bagi kesehatan penulis dan pekerja kantoran dengan rutinitas yang sibuk setiap hari di meja kerjanya. Duduk berjam-jam membuat metabolisme tubuh berubah seperti memicu kegemukan, penyakit kardiovaskuler dan kondisi kesehatan menurun. Wahh pantas saja berat badan saya saat ini mulai membengkak, itu karena saya jarang bergerak dan duduk berjam-jam, huhuhu.

Keluhan-keluhan ringan seperti sakit leher, bahu dan punggung juga bisa diatasi dengan menggunakan gerakan yoga yang tepat lho! Seperti Pose downward facing dog yang bisa meregangkan kembali hamstring yang kaku akibat duduk. Jika dibiarkan, otot yang kaku itu akan memicu gangguan kesehatan yang lebih serius, membuat tubuh lebih kaku dan kurang bugar sehingga produktivitas menurun akibat sakit berkepanjangan.

#2 Mengendalikan Stress, Cemas, dan Depresi

Balasana merupakan salah satu pose yoga untuk meredam stress atau lelah pikiran

Menurut seorang yogi, stres dalam tingkat sedang sebenarnya diperlukan agar kita terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Tetapi ketika kita merasa terlalu tertekan seperti adanya pekerjaan kantor yang menumpuk bak cucian 1 minggu sedangkan disatu sisi harus ikut meeting penting, belum lagi deadline laporan serta artikel dari klien yang harus selesai dalam waktu yang bersamaan akan membuat stress justru berbalik mengendalikan kita. Alhasil gagal fokus dan tidak produktif. Saya pun pernah marasakannya. Dari sekian banyak pekerjaan saya justru bingung mau ambil yang mana duluan, karena semua penting menurut saya. Alih-alih mengerjakannya satu per satu, saya malah stress tak karuan.

Sebenarnya, kita semua bisa mengendalikan stress meskipun tidak bisa menghilangkannya secara keseluruhan. Rutin melakukan yoga merupakan cara efektif untuk mengendalikan stress berlebihan akibat pekerjaan.

Bahkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyimpulkan bahwa latihan yoga secara rutin mampu mengurangi kecemasan, stres dan depresi serta meningkatkan kualitas hidup seseorang dalam jangka panjang.

#3 Menjernihkan Pikiran

Standing Forward Bend Pose – Pose yoga untuk menenangkan pikiran

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, yoga juga dapat membantu mendorong pikiran lebih jernih sebelum menulis. Hal ini benar-benar saya rasakan ketika sebelum WFH melakukan olahraga yoga dulu selama 15 – 30 menit setiap hari. Bahkan beberapa rekan yang juga rutin beryoga juga mengalami perbaikan dalam tingkat kejernihan pikiran, energi dan kepercayaan diri.

#4 Meningkatkan Energi

Pose Bhujangasana atau pose Cobra untuk meningkatkan stamina atau energi

Saat merasa lelah dan kurang berenergi, penulis dan pekerja kantoran bisa menggunakan yoga tertentu seperti pose cobra atau Bhujangasana untuk meningkatkan energi dan semangat menulis. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa mereka yang ikut serta dalam latihan hatha yoga (yoga yang berdasarkan gerakan fisik) selama 6 bulan mengalami peningkatan signifikan dalam vitalitas, energi dan pencegahan kelelahan lebih baik daripada mereka yang hanya berolahraga jalan kaki.

#5 Menyingkirkan Hambatan Menulis

meditasi – untuk menyingkirkan writer’s block

Writer’s block, kerap dijadikan alasan jika penulis dan pekerjan kantoran tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal yang disepakati.  Menurut sumber yang saya abaca, Jika dilakukan dengan benar dan aman serta di bawah pengawasan pihak yang berpengalaman, latihan yoga akan memberikan efek meditatif sehingga dapat melejitkan energi kreatif dalam diri. Para peneliti yakin bahwa bila digabungkan dengan pernapasan yang lebih tenang, dalam dan rileks serta gerakan tubuh yang lembut, yoga dapat membuat ide-ide kreatif itu mengalir kembali. Yoga dan meditasi memberikan akses pada kita ke dalam relung-relung di dalam jiwa dan kesadaran yang memicu kemunculan ide kreatif.

BONUS!! 
Beberapa link tutorial yoga bisa kamu cek pada link berikut yaa. Yuk rajin beryoga agar pikiran selalu rileks dan lebih kreatif.

  1. Yoga untuk meningkatkan imun
  2. Yoga Untuk Pemula
  3. Yoga Untuk Pekerja kantoran

Demikian 5 manfaat yoga bagi penulis dan pekerja kantoran. Apa olahraga paling ideal menurut versimu? Yuk ceritakan di kolom komentar ya!

33 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese