Manfaat memiliki toko online bagi pemilik bisnis

5 Manfaat Memiliki Toko Online Untuk Meningkatkan penjualan bisnismu

Manfaat memiliki toko online wajib diketahui oleh pemilik usaha. Apalagi di era sekarang, belanja online sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan bagi masyarakat karena lebih mudah, murah, dan praktis.

Dilansir dari CCN Indonesia, jumlah konsumen yang melakukan belanja online di Indonesia telah mencapai 32 juta orang pada tahun 2021. Jumlah tersebut naik 88 persen dibanding tahun 2020 yang hanya 17 juta orang. Terlebih dengan adanya PPKM darurat akibat pandemi Covid-19 menambah frekuensi belanja online bagi konsumen. Hal ini tentu saja menjadi peluang sekaligus tantangan bagi toko konvensional untuk bisa go-digital agar bisa tetap eksis dan berkembang.

Jika kamu yang baca artikel ini sudah memiliki bisnis tapi masih belum memiliki toko online, yuk simak 5 manfaat memiliki toko online untuk mempertahankan eksistensi bisnismu. Baca sampai habis untuk mendapatkan keseluruhan insightnya ya!

1. Produk atau Jasa Lebih Mudah Ditemui

Dengan memiliki toko online, kamu jadi bisa memasarkan produk dan jasamu melalui saluran e-commerce seperti marketplace atau web store sendiri. Akibatnya, produk atau jasa yang kamu tawarkan tentu akan lebih mudah ditemui. Selain itu, produk dan jasamu juga akan bisa diakses 24 jam darimana saja dan kapan saja.

Dengan memiliki toko online, produk dan jasa akan lebih mudah ditemui.
Dengan memiliki toko online, produk dan jasa akan lebih mudah ditemui.

Jika produk atau jasamu lebih mudah ditemui dan diakses dari mana saja dan kapan saja, jangkauan pasar dari bisnismu akan lebih luas. Tidak hanya calon konsumen yang dekat dengan domisilimu, tapi juga calon konsumen yang berada di luar pulau bahkan di luar negeri akan berpotensi menjadi pelanggan setiamu.

2. Terlihat Lebih professional

Saya setuju media sosial juga memiliki andil yang besar agar produk atau jasamu mudah ditemukan oleh calon konsumen. Namun, dengan memiliki toko online sendiri, bisnismu akan terkesan jauh lebih professional daripada pesaingmu yang tidak memiliki toko online.

Toko online juga bisa menjadi katalog digital yang memuat produk dan portofolio jasa yang kamu tawarkan, sehingga calon konsumen akan lebih percaya bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan bukan abal-abal.

3. Mampu Meningkatkan Reputasi Brand

Selain terlihat lebih professional, kamu juga bisa membangun identitas brand dan meningkatkan reputasi brand dari bisnismu. Semakin kreatif, atraktif, dan user friendly desain toko onlinemu, maka brand bisnismu akan lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Manfaat memiliki toko online adalah meningkatkan reputasi brand
Membangun branding sebuah bisnis sangat penting agar mudah diingat konsumen

Kamu juga bisa memberikan layanan konsultasi gratis mengenai produk atau jasa dan mencantumkan testimoni dari para pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.

4. Lebih Mudah Dalam Pengelolaan bisnis

Toko online biasanya memiliki fitur-fitur yang memuat pengaturan pengelolaan bisnis hingga laporan penjualan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Melalui fitur-fitur tersebutlah kamu bisa memonitor kinerja bisnis secara real time, akurat, dan cepat.

Manfaat Memiliki Toko Online, Mempermudah Pengelolaan Bisnis
Memiliki Toko Online, Mempermudah Pengelolaan Bisnis

Melalui fitur-fitur itu kamu juga bisa melakukan analisa tentang kebiasaan berbelanja pelanggan yang kamu punya, kamu tidak perlu lagi repot untuk mencatat secara manual karena bisa didapat dari aktivitas pembelian di website toko online kamu. Dengan mengetahui customer behavior, strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan akan lebih efektif dan tepat sasaran.

5. Lebih Hemat Waktu, Biaya, dan Tenaga

Dengan 4 manfaat memiliki toko online yang telah dipaparkan, pada akhirnya kamu selaku pemilik bisnis akan bisa lebih menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Setuju?

Yup! Hal tersebut karena pembuatan website toko online sekarang sudah sangat murah. Dengan memiliki toko online, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyewa ruko atau tempat untuk berjualan.

Manfaat memiliki toko online juga bisa dikelola sendiri tanpa perlu memiliki karyawan jika skala bisnismu masih kecil. Kamu bisa sekaligus menjadi seorang customer service saat konsumenmu bertanya atau memerlukan bantuan. Cukup dari rumah saja dengan laptop dan smartphone milikmu.

Yuk Onlinekan Bisnismu Dengan Desty App, Mudah dan Praktis!

Setelah mengetahui 5 manfaat memiliki toko online, sekarang sudah saatnya kamu meng-online-kan bisnismu. Bingung gimana caranya? Tenang! Kini ada Desty App yang bisa kamu gunakan untuk membuat toko online sendiri.

Buat kamu yang belum tahu, Desty App adalah pelopor terkemuka pembuat situs mikro untuk toko online, influencers, creator, dan penyedia layanan yang ingin meng-online-kan produk dan jasanya.

desty app situs pembuat toko online terpercaya, mudah, dan praktis

Dengan tagline “One Destynation”, kamu bisa membuat satu link desty untuk banyak kebutuhan kamu. Buka toko online, sharing link Instagram, pamer vlog/blog baru, semuanya gratis hanya di desty. Selain bisa membuat toko online sendiri tanpa koding, desty juga telah terhubung dengan pilihan pembayaran dan kurir pengiriman di Indonesia. Pokoknya beneran mudah dan praktis.

Gimana caranya? Yuk intip langkah-langkahnya.

  1. Daftar di www.desty.app/signup
  2. Desain dan custom toko onlinemu
  3. Upload produkmu
  4. Pilih metode pembayaran dan pengiriman sesuai pilihanmu
  5. Publish toko onlinemu dan mulai berjualan.

Gimana kawan? mudah dan pratik sekali bukan? Yuk onlinekan bisnismu untuk meningkatkan penjualan sekarang juga!

54 komentar untuk “5 Manfaat Memiliki Toko Online Untuk Meningkatkan penjualan bisnismu”

  1. Saat ini kalau mempunyai bisnis atau usaha, memang bagusnya mempunyai toko online ya, Mbak. Banyak sekali mamfaatnya, termasuk meningkatkan penjualan. Apalagi zaman now suah dunia digital, jadi harus menyesuaikan juga.

  2. Di era sekarang ini, bagi pemilik usaha emang perlu punya toko online. Tetapi ya harus dimaksimalkan betul. Soalnya kalau cuma sekadar punya toko tapi tidak dimaksimalkan, ya percuma. Akan kalah sama marketplace. Jadi menurutku, buat pemilik usaha perlu punya dan aktif di 3 platform ini, yakni : Media Sosial, Marketplace, dan Toko online. Karena semuanya akan saling berkaitan dan mendukung. ๐Ÿ™‚

  3. Punya toko online apalagi kalau dintegrasikan dengan berbagai sosmed itu, bisa meningkatkan peluang penjualan semakin tinggi ya kak. Tapi tetap gak bolesh males untuk promosi juga

  4. di zaman digital ini, keberadaan toko online bagi pelaku usaha adalah hal yang sangat penting yang sangat menunjang kegiatan usaha yaa, makanya hampir semua pelaku usaha memiliki toko online karena memang sepenting itu

  5. Ternyata skrg ada app desty buat mempromosikan penjualan kta di online ya kak. Ini bisa membantu para UMKM sekalian merasakan manfaatnya nih, nanti aku rekomendasikan deh buat sppu yg punya usaha sendiri kak

  6. Sebagai pemilik small business, impian aku banget punya toko online sendiri bukan yang di market place. Ya, memang supaya terlihat lebih profesional dan bisa membuat katalog yang rapi dan lengkap. Kayaknya harus belajar bikin dari sekarang, makasih infonya Natih.

  7. Jaman sekarang kalau bisnis gak di onlinekan gitu, sepertinya kurang gereget ya. Karena ini jadi kesempatan buat meningkatkan pangsa pasar dan berkembang

  8. jaman sekarang kalau mau jualan dan bersaing ya harus punya toko online ya tih, sesimpel jualan makanan aja pada promo di messanging apps dan sosmed, jadi punya toko online emang jadi kebutuhan bisnis jaman sekarang

  9. Wah, ada apps baru ini ya untuk toko online yang bisa bantu pemilik usaha untuk melakukan penjualan online. Terima kasih untuk informasinya ya, Kak

  10. Nabilla - Bundabiya.com

    toko online itu bagai rumah sih mba.. jadi menurutku yaa penting, biar gak jualan di marketplace aja yang datanya sharing dan marketnya berebuuutt hehe

  11. Pengen jualan dan punya toko online masih maju mundur. Padahal sebenarnya kalo niat udah langsung bisa eksekusi ya..
    Nanti deh aku tengok tengok Desty App..

  12. wah bis anih tak rekomendsikan ke temanku dia biasanya jualan lewat status wa , di era difital ini harus bis amemanfaatkan kemudahan dg hadrnya beragam app yng kita butuhkan ya

  13. Wah dari Minggu lalu mau nggarap Desty app lupa2 Mulu. Baca blognya mba natih jadi inget lagi hahaha
    Pengalaman liat temen2 yang pake Desty app emang memudahkan dan bagus desainnya

  14. Sekarang memang zamannya serba online jadi memang bagusnya buat yang punya usaha untuk membuka toko online biar bisnisnya makin cuan. Apalagi sekarang Sudah ada DestyApp yang bisa dimanfaatkan untuk membuka toko online secara mudah, cepat dan praktis.

  15. bener banget ini, era digital kalau ngga dionlinekan katanya Bill Gates harus siap2 bangkrut. karena emang harus ngikuti zaman Internet of things ya kak

  16. Nyaman banget setelah membuat toko online di Desty Apps.
    Karena semua pengunjung bisa melihat dan memilih yang dibutuhkan dengan cara yang nyaman dari segi tampilan dan kemudahan lain-lainnya.

  17. Wah iya banget nih… zaman serba digitsl, kudu banget mendigitalisasi semua hal, termasuk ketika berjualan.
    Secara online dengan membuat toko yang nyaman dilihat oleh pengunjung yang bisa menjadi calon pembeli yang potensial.

  18. Jaman sekarang apa apa serba digital. Memiliki toko online pastinya selain menyesuaikan dengan kebutuhan pasar itu juga sedikit banyak meringankan beban sewa tempat dan lokasi yang harus Strategis

  19. Iya deh. Jaman sekarang kalau bisnis offline nggak disandingkan bersama dengan bentukan bisnis online, rasanya kurang ya. Mantap nih sekarang ada Desty Apps yang bisa jadi salah satu aplikasi untuk mengenalkan berbagai bisnis yang dijalani.

  20. Bener sih, karena aku pun ngga punya toko offline, jadi toko online membuat produkku lebih banyak ditemukan di marketplace. Ntar coba buka Desty App ah buat bikin toko online lagi..

  21. Wah ada tambahan aplikasi baru lagi nih ya untuk bisa jualan online. Kalau jual destinasi wisata gitu atau paket trip bisa nggak sih di aplikasi desty ini?

  22. Aku pernah denger soal Desty app, tapi baru tau kalo bisa bermanfaat bgt buat temen2 yang punya umkm. Daftarnya pun mudah.

    Tapi iya sih, Kak Natih jaman sekarang memang semuanya serba digital. Jadi memang biar lebih menjangkau pasar yg luas juga dan kemudahan dalam memasarkan produk.

  23. Gaya berbelanja mas kini memang sudah banyak bergeser
    Dengan belanja online konsumen memotong waktu dan tenaga yang dibandingkan ke tokok offline
    Karena itu pedagang juga wajib menyesuaikan dengan selera konsumen
    Meski punya toko offline, mengembangkan usaha dengan online juga sangat perlu dilakukan

  24. Bisnis yang dijalankan dengan upaya di online kan, jadi membuka peluang untuk makin meluas lagi pangsa pasarnya, dan makin dikenal

  25. Memang, Mbak. Zaman now sudah jadi kewajiban untuk mempunyai toko online. Bahkan yang sudah toko fisik juga. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Apalagi gaya belanja sudah bergeser juga.
    Kayak kemarin saya beli colokan listrik di toko alat listrik. Pemilik toko sedang mengemas barang. saya tanya. ternyata itu untuk pembeli online.

  26. Tantangan terbesar UMKM menang harus go online agar bisa menjangkau lebih luas. Biasanya agak repot mau bikin toko online kalau belum pernah pengalaman. Untung ada Desty App, dilihat dari penjelasan ini begitu mudah prosesnya. Kudu nyoba nih

  27. semoga para pemilik usaha, baik perorangan maupun kelompok semakin terpicu untuk segera memanfaatkan sarana teknologi sebagai aset bisnisnya ya, kak.

    Apalagi semakin banyak juga kemudahan yang dihadirkan untuk memulai, seperti salah satu contohnya menggunakan Desty App ini.

  28. Jaman sekarang kalau bisnis nggak punya toko online kayaknya bakal kegeser sama pesaingnya yang udah serba digital ya mbak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese