aplikasi-siap-kerja-qubisa

Seribu Langkah Lebih Maju, Rencanakan Karir Gemilang Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Karir dan masa depan yang gemilang tentu saja tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Meskipun rejeki memang ada ditangan Tuhan, jika kita tidak berusaha maka tidak mungkin rejeki dan karir gemilang tersebut turun begitu saja dari langit bukan?

Oleh karenanya, menjadi penting bagi kita untuk melakukan perencanaan karir sejak dini, seperti pada saat kuliah, magang, dan pelatihan.

Melalui perencanaan karir yang matang, kita bisa tahu apa visi dan misi yang ingin dituju serta bagimana cara untuk meraihnya.

Perencanaan karir merupakan proses evaluasi diri dan perencanaan yang dilakukan oleh seseorang agar memiliki jenjang karir yang kuat. Proses perencanaan karir tersebut dimulai dari memahami diri sendiri, menetapkan tujuan karir, meningkatkan pilihan, dan mencari pilihan karir yang tepat.

Sayangnya, banyak sekali diantara kita yang suka meremehkan proses. Alih-alih berusaha belajar dan menempa diri, banyak yang ingin hasil serba instan, bergantung pada privilege dan keberuntungan semata.

Alhasil, banyak yang bekerja tidak sesuai dengan passion, kemudian memilih resign dan menjadi pengangguran.

Manfaat Melakukan Perencanaan Karir Sejak Dini

Perencanaan karir akan kurang tepat apabila dilakukan saat kita baru akan melamar sebuah pekerjaan, melainkan sebaiknya harus dilakukan sedini mungkin.

Apalagi dunia digital seperti saat ini membuat persaingan dunia kerja akan semakin ketat.  Maka, kita harus bisa seribu langkah lebih maju agar tidak kalah bersaing.

Sebenarnya, apa manfaat melakukan perencanaan karir untuk masa depan yang gemilang? Yuk mari kita simak bersama.

manfaat-perencanaan-karir
Manfaat melakukan perencanaan karir.
Sumber foto : Dokumentasi penulis, edited via canva.

#1 Perencanaan Karir Akan Membantumu Berkembang

Manfaat perencanaan karir sejak dini adalah membantumu berkembang. Dengan adanya perencanaan karir sejak awal, kamu akan terdorong untuk melatih hard skill yang diperlukan.

Mau jadi MC? kamu bisa latih kemampuan Public Speaking-mu. Mau jadi Copywriter? Kamu bisa latih kemampuan menulis dengan konsisten.

Selain itu, melatih soft skill seperti leadership, growth mindset, dan critical thinking juga sangat diperlukan dalam merencanakan karir untuk meraih masa depan yang gemilang.

#2 Perencanaan Karir Akan Membuatmu Mendapat Pekerjaan Sesuai Passion

Selain merencanakan karir sejak dini akan membantumu berkembang, juga akan membuatmu mendapat pekerjaan sesuai passion.

Bekerja sesuai passion atau minat dan bakat yang dimiliki akan menjadikan kita pribadi yang mencintai pekerjaan sehingga akan meningkatkan produktivitas.

Selain itu, bekerja dengan dorongan passion akan menghasilkan sesuatu yang lebih berkualitas daripada yang dikerjakan karena paksaan.

Misalnya, kamu tertarik untuk menjadi seorang Blogger. Sejak kuliah, kamu sudah berlatih membuat tulisan dan mempostingnya di Blog.

Jika kamu konsisten dan terus berlatih, maka menjadi Blogger Professional yang kamu idam-idamkan akan dapat terwujud bahkan sebelum kamu menyelesaikan pendidikan.

Jadi, tidak ada lagi deh istilah fresh graduate  jadi ‘pengacara’ alias pengangguran banyak acara.

#3 Perencanaan Karir Membantumu Meraih Masa Depan Gemilang

Yup! Tidak dapat dipungkiri ketika kita mempunyai perencanaan karir yang tepat dan tahu menggeluti profesi apa saat lulus nanti, kita akan berusaha untuk selalu berlatih dan mewujudkannya.

Seperti ketika kita melatih soft skill dan hard skill, secara tidak langsung juga kita sedang merenda masa depan yang gemilang. Apalagi ketika mendapat pekerjaan sesuai passion, maka bekerja seolah tidak akan menjadi beban yang berarti.

Rencanakan Karir Gemilang Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Untuk merencanakan karir gemilang sesuai harapan, perlu adanya support system dari berbagai penjuru. Pada era digital seperti saat ini, tak perlu risau memikirkan biaya mahal untuk melatih dan mengembangkan keahlian yang kamu miliki.

Banyak sekali aplikasi belajar online yang bisa menjembatani kebutuhan perencanaan karir, terutama bagi generasi Milennial dan Zilenial. QuBisa merupakan aplikasi siap kerja  yang digadang-gadangkan dapat membantu kita merencanakan dan mengembangkan karir yang kita impikan.

program-belajar-aplikasi-siap-kerja-qubisa
Dua program unggulan QuBisa yang terbagi ke dalam ratusan microlearning, kursus, dan webinar.
Sumber gambar : Website resmi Qubisa.com. Edited via canva oleh penulis.

Ada 2 program besar yang ditawarkan oleh QuBisa, yaitu Keterampilan Sukses Milennial (KSM) yang akan membantu kita menguasai kemampuan personal dan berbagai bidang karir, dan Keterampilan Digital Milennial (KDM) yang akan memberi kita keterampilan digital yang wajib dimiliki untuk menjadi ahli di bidang digital.

Hadir dengan desain UI yang ciamik, QuBisa terdapat banyak sekali konten edukatif yang bisa diikuti oleh siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja. Konten-konten edukatif tersebut dikemas ke dalam microlearning, belajar kilat, kursus, dan webinar.

Per 9 Desember 2021, platform edukasi QuBisa sudah memiliki 300 lebih konten microlearning dan 200 lebih kursus dari 400 lebih pengajar professional di bidangnya.

contoh-program-belajar-online-qubisa
Beberapa contoh konten edukasi pada website QuBisa untuk membantu perencanaan karir.
Sumber : Website resmi Qubisa.com
Edited via canva oleh penulis.

Konten edukasi yang disuguhkan sebagian besar GRATIS meskipun ada beberapa konten premium yang berbayar. Selain itu, artikel-artikel seputar perencanaan dan pengembangan karir pun sangat lengkap di aplikasi QuBisa.

Tagline Aku Bisa, Kamu Bisa memang sangat cocok disematkan pada aplikasi digital learning yang serba bisa ini.

Pengalaman Mendulang Ilmu di QuBisa

Untuk menjawab rasa penasaran, baru-baru ini saya coba mengikuti 3 kursus online untuk menunjang karir saya sebagai Blogger, yaitu personal branding, copy writing, dan soft skill tentang membangun good habit.

Membangun Rasa Percaya Diri Dengan Personal Branding

Menjadi blogger professional  tidak hanya memerlukan kecakapan dalam menulis artikel. Namun, kemampuan kita dalam memasarkan tulisan agar menjadi lebih dikenal dan dibaca pun menjadi hal penting yang harus dipelajari.

Oleh karenanya saya mengikuti kursus kilat tentang personal branding (pencitraan pribadi).

belajar-personal-branding-qubisa
Salah satu kursus online gratis tentang personal branding di QuBisa.
Sumber gambar : website Qubisa.com
Edited via canva oleh penulis.

Cara membangun personal branding pada era digital pun terbilang mudah jika kita bisa memaksimalkannya. Bisa dengan menggunakan media sosial, youtube, dan membangun portofolio positif yang membedakan kita dari orang lain.

Pada kursus kilat ini saya jadi lebih memahami bahwa Lebih baik menggali potensi diri dan memaksimalkannya daripada berusaha menjadi yang terbaik”

Membuat Tulisan Yang Menarik  dengan Teknik Copywriting

Semakin suka dengan konten edukatif di aplikasi QuBisa, saya juga mengikuti webinar “Tips Membuat Copywriting Yang Menjual Bagi Pebisnis Pemula”.

Melalui webinar yang dibawakan oleh Kang Nchus tersebut, saya semakin paham bahwa menguasai copywriting di era digital ini merupakan salah satu personal branding yang kuat dan akan membuat karir sebagai penulis semakin terbuka.

Meskipun penyampaian materi tidak disertai dengan slide presentasi, Kang Nchus tetap bisa memberikan pemahaman tentang dasar-dasar copywriting untuk pemula.

Jadi semangat untuk terus mengasah diri dan latihan nih!

Sertifikat-webinar-qubisa
Sertifikat keikutsertaan dari QuBisa.
Sumber : Dokumen penulis

Tak hanya mendapat ilmu seputar copywriting yang impactful, mengikuti webinar ini juga mendapatkan sertifikat keikutsertaan untuk menambah portofolio. Yeay!

Hebatnya lagi, kita berpeluang mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 25.000 jika mengajukan pertanyaan seputar topik yang diberikan. Lumayan untuk beli paket data, hihi.

Asah Soft Skill Membentuk Kebiasaan Baik

Tidak cukup sampai disitu, saya makin penasaran dengan konten-konten edukasi dari QuBisa. Setelah belajar hard skill untuk menunjang karir Blogger, saya juga tertarik mengasah soft skill terutama tentang membangun mindset positif yang berpengaruh terhadap kehidupan dan karir.

Akhirnya saya memilih microlearning yang berjudul “7 Habits of The Most Highly Effective People.

microlearning-membentuk-kebiasaan-baik-aplikasi-siap-kerja-qubisa
Microlearning tentang membentuk 7 kebiasaan baik untuk karir cemerlang.
Sumber gambar : website resmi Qubisa.com
Edited via canva oleh penulis.

Tak bisa dipungkuri memang kebiasaan merupakan faktor penentu sukses atau tidaknya kita dalam berkarir. Hal tersebut karena kebiasaan yang kita bentuk adalah cerminan dari prilaku dan jiwa kita.

Sesuai dengan judulnya, ada 7 kebiasaan manusia yang efektif dalam kehidupan yang dikemas dalam microlearning berdurasi 5 menit 11 detik itu, yaitu :

  1. Proaktif, untuk bisa memenangkan persaingan dan kualitas hidup jadi lebih baik, kita harus aktif mencari informasi dan mempelajari hal-hal yang belum dikuasai.
  2. Memiliki visi dan misi yang jelas, dimana kita sebaiknya mengatur tujuan hidup dan menggapai mimpi satu persatu
  3. Membuat prioritas, untuk menggapai tujuan kita harus senantiasa membuat dan mengatur prioritas terpenting dalam hidup agar bisa fokus dan mampu mengelola waktu serta tenaga dengan sebaik mungkin.
  4. Selalu berpikir tentang win-win solution, yakni dimana kita berpikir untuk selalu berbuat hal baik yang menguntungkan orang lain dan diri kita sendiri. Kita tidak boleh congkak apalagi merasa bahwa hanya diri kita sendiri yang berhak bahagia.
  5. Selalu memiliki rasa empati, yakni adanya rasa memahami apa yang orang lain rasakan
  6. Membangun sinergi yang baik, yakni selalu berupaya untuk berkerjasama, berkoordinasi, dan berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat segala urusan kita menjadi lebih simple dan mudah tanpa merugikan orang lain. Ingat lagu milik Liverpool – You’ll never walk alone? yup!! itu dia, kita tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.
  7. Selalu berusaha seperti mengasah gergaji, yakni selalu ingin mengembangkan diri dengan belajar hal-hal baru, memperhatikan kesehatan dengan olahraga, serta berdoa. Karena itulah 3 hal penting yang harus kita punya. Pengetahuan, kesehatan, dan restu dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kelebihan QuBisa Dibanding Platform Lain

aplikasi-siap-kerja-qubisa-kelebihan
Kelebihan aplikasi siap kerja QuBisa.
Sumber gambar : dokumentasi penulis.

Kalau ditanya soal kelebihan, banyak sekali kelebihan yang didapat ketika belajar di QuBisa, setidaknya ada 3 kelebihan utama yang saya rasakan, antara lain :

  1. Fleksibilitas belajar dimana saja dan kapan saja, karena bisa dilakukan secara online melalui laptop atau smartphone,
  2. Sangat Efektif dan Efisien, karena kontennya singkat, padat, jelas, dan tidak membosankan,
  3. Sumber lengkap dan tersedia banyak pilihan konten edukatif yang bisa dipelajari sesuai dengan minat dan bakat yang ingin di asah.

Cara Mendaftar Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Kamu mulai tertarik untuk belajar di QuBisa juga? Jangan khawatir, karena QuBisa selalu membuka pendaftaran secara online dengan sangat mudah. Cukup akses Qubisa melalui website https://qubisa.com atau download aplikasinya di Appstore atau Playstore, lalu klik daftar, dan ikuti petunjuk registrasi.

cara-daftar-aplikasi-siap-kerja-qubisa
Formulir pendaftaran digital menjadi siswa di QuBisa.
Sumber foto : website resmi Qubisa.com
Edited via canva oleh penulis

Kamu juga bisa ikutan event Golden PoinQu dan Liga PoinQu dengan cara belajar di QuBisa dan mengundang teman sebanyak-banyaknya untuk ikutan kelas gratis di QuBisa. Benefit yang kamu dapat pun gak main-main lho!

liga-poin-golden-poin-aplikasi-siap-kerja-qubisa
Benefit untuk peserta yang telah mengumpulkan Golden point dan Liga point di aplikasi siap kerja QuBisa.
Sumber foto : website resmi Qubisa.com
Edited via canva oleh penulis

Yuk daftar Qubisa sekarang dan undang teman-temanmu juga ya!

Oh ya, selain ada event Golden PoinQu dan Liga PoinQu, QuBisa juga ngadain Blog Competition nih. Deadline-nya sampai 10 Desember 2021. Klik disini untuk melihat syarat dan ketentuan kompetisinya ya!

Ayo buruan ikutan lomba bareng saya siapa tau kita bisa sama-sama menang dan hadiahnya bisa dipakai untuk membeli kursus premium di aplikasi siap kerja QuBisa, hehehe.

Aku Bisa, Kamu Bisa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang membaca. Yuk semangat!

#AplikasiSiapKerja

#AplikasiBelajarOnline

#BelajarGakRibet

#BlogCompetitionQuBisa

#AkuBisaKamuBisa

23 komentar untuk “Seribu Langkah Lebih Maju, Rencanakan Karir Gemilang Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa”

  1. Aku juga ikutan kursus dan webinar di QuBisa sampai berkali-kali, Mbak. Materinya gampang diakses, aku sering menyimak sambil meng-ASI-hi si kecil lho, he-he.

  2. Penting banget nih upgrade skill jaman sekarang. Pendidikan formal aja ga cukup… jadi sangat perlu upgrade skill diluar pendidikan formal. Applikasi Qubisa ini sangat membantu sekali..

  3. Untuk meningkatkan personal branding zaman sekarang itu sebenernya sangat mudah karena banyak sekali kursus gratis seperti di QuBisa. Saya sendiri sudah mencobanya dan malah ambil produk premium dan dapat sertifikatnya. Namun tinggal kitanya sendiri, mau apa enggak?

  4. Dari sebelum lulus kuliah, sudah direncanakan karirnya akan seperti apa nanti sehingga bisa ditambah skillnya agar lebih variatif dengan belajar lewat kursus memang. Dengan begitu makin siap untuk bekerja

  5. Ratna Sari Purwaningsih

    jujur aja aku barut tahu aplikasi ini dari saudara. dan seperti yang diulas mbak aplikasi Qubisa ini benar benar membantu sekali. dan setelah membaca ini jadinya saya tertarik untuk mencoba juga

  6. wah mbak aku baru saja bahas tentang penitngkah sebuah perencanaan ? nah kan di jawabnih sama mbak natih dalam tulisanini. apalgi pakai aplikasi yang oke banget kayak qubisa ya. banyakpilihan pula

  7. emang sih yaa upgrade skill jaman sekarang tuh penting banget buat nambah kapasitas dan biar terus survive di dunia kerja sama dunia kreatif, kalo engga ya bye deh. Bermanfaat banget ya platform upskilling dan reskilling kaya QuBisa gini, gampang dan gak ribet pakenya juga

  8. Aku tiap hari pasti nonton microlearning QuBisa dan udah 4x ikut webinarnya. Banyak banget ilmu yg kudapat, jadi gak kudet lagi meski kerjanya di rumah aja. Serasa ilmu ada dalam genggaman.

  9. Iya ya. Karir rasanya memang perlu banget dipersiapkan selama masih sekolah atau kuliah, mungkin. Bukan selepas lulus dan siap mencari penghidupan.

    Banyak banget memang kelas dan kursus yang bisa diambil di QuBisa. Aku pun sejak kenal aplikasinya, jadi merasa bisa belajar kapan saja dan dimana saja.

  10. Bener banget nih kak apalagi tahun ini aku banyak banget ikutan workshop udah deh gatau abis berapa duit ga pernah ngitung yang jelas dengan ikutan workshop jadi nambah, ilmu, teman dan mentor. Untuk qubisa ini bagus ya konsepnya apalagi konten edukasi memang harus bisa mengimbangi konten hiburan

    1. Pradyta Febriana Rudiyanto

      Bener bener qubisa ini salah satu learning website untuk kita kita yg pengen upgrading berbagai skills dengan baik. Apalagi buat kita yg mau nsmbah keahlian tanpa harus ikut ikut kelas offline juga. Terimakasih untuk reviewnya kak

  11. Setuju banget
    Bahkan sedini mungkin, semasa masih sekolah lanjutan harusnya Sudah merancang karir
    Kemudian tingkatkan skill melalui QuBisa

  12. Jujur saya merasa terbantu sekali dengan adanya aplikasi belajar online kayak QuBisa ini. Banyak banget ilmu yang bisa kita peroleh. Apalagi materinya mayoritas berupa video jadi lebih mudah dipahami.

  13. Dian Farida Ismyama

    Kadang aku mikir coba kalau sejak dulu ADA QuBisa ya, mungkin aku udah banyak belajar berbagai keahlian yang aku minati. Sedangkan di zamanku ya semua otodidak. Kadang dapat materi bukan dari ahlinya. Haha. Alhamdulillah banget sekarang ada QuBisa

  14. memiliki skill yang mumpuni adalah syarat untuk bisa punya karir yang gemilang ya mbak
    makanya perlu nih latihan skill di aplikasi belajar online QuBisa ini

  15. aku udah daftar aplikasi QuBisa ini, ada banyak banget materi pembelajaran yang related sama hobi dan minat kita di dalam sini kak.

  16. Seru banget nih Kak, oh ya di QuBisa ini ada pelatihan tentang dunia data gak Kak? Kayak programming, atau data mining, kalau ada saya pengen nyobain daftar nih hehehe.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese