Mudah dan praktis belajar dengan Zenius Education

Mudah dan Praktis, Belajar Makin Asyik Dengan Fitur Zenius Education

“Siapa diantara kalian yang kesulitan memahami materi belajar yang dibagikan oleh guru waktu sekolah online? Ayo tunjuk tangan!”

Ketiga keponakan saya menjawab “SAYA” sambil mengacungkan tangan ke atas ketika saya tanyakan tentang kesulitan mereka belajar dan memahami materi sekolah pada masa study from home beberapa bulan lalu. Terlebih bagi Widhi, ponakan dari kakak kandung saya yang kini naik ke kelas 3.

anak sekolah SD
Widhi yang paling kiri mengenakan baju putih.

Selama hampir 2 tahun Ia hanya belajar dari rumah karena pandemi Covid-19 yang melarang adanya pertemuan tatap muka di sekolah. Gurunya hanya mengandalkan pemberian tugas yang ada di buku pelajaran dan dikumpulkan ke sekolah setiap hari Selasa dan Kamis.

Itupun yang mengumpulkan boleh orang tua atau walinya, sehingga Ia hampir tidak pernah bertemu dengan wali kelasnya selama hampir 2 tahun lamanya.

Di sisi lain, orang tuanya juga kesulitan memberikan pemahaman bagaimana cara menjawab pertanyaan dengan baik, apalagi soal matematika. Alternatifnya ya, jawabannya langsung di googling kemudian menyalinnya ke buku tugas.

Pandemi cukup memberikan kesulitan kepada anak-anak untuk menyerap materi pelajaran. Bagi orang tua lebih sulit lagi, karena harus memantau dan mengajarkan anak-anak seperti layaknya seorang guru di sekolah.

Bahkan ada juga orang tua yang rela membuatkan tugas anak-anaknya karena kesulitan bagaimana caranya ngajarin anak-anak mereka dengan benar.

Saya merasa ini tidaklah efektif untuk memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anak. Justru akan membiasakan anak-anak hanya mengandalkan mencari jawaban di internet, bukan mencari cara bagaimana menyelesaikan soal tersebut dengan baik dan sistematis.

Oleh karenanya sangat perlu bagi anak-anak terutama Widhi untuk ganti cara belajar. Ia pun memerlukan bimbingan dan tips belajar yang intensif agar ia tidak tumbuh menjadi anak yang “bisa karena copas” melainkan “bisa karena memang memahami materi pelajarannya”

Ganti Cara Belajar Bersama Zenius Education

Lewat iklan di media sosial dan membaca banyaknya review tentang Zenius Education, saya pun tertarik dengan Zenius Education (kalau mau klik, harus login dulu ke Zenius Education ya!)

Mengikuti bimbingan belajar merupakan salah satu alternatif bagi Widhi untuk ganti cara belajar yang lebih asyik, adaptif, efektif, dan efisien. Kebetulan Zenius Education sebagai startup pendidikan di Indonesia memiliki program BTS atau Back to School Zenius.

Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada semua pelajar bahwa bimbel bukan hanya untuk orang-orang yang ambisius, melainkan bimbel bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pendalaman materi yang tentunya dikemas secara asyik, adaptif, efektif, dan efisien.

Zenius Education menawarkan fitur-fitur keren untuk mendukung para siswa yang mau ganti cara belajar yang lebih efektif dan efisien. Zenius Education menjadi salah satu platform bimbel yang membantu pelajar untuk fokus mempelajari hal-hal yang penting dan esensial sehingga materi lebih mudah dipahami.

Misi dukungan ganti cara belajar ini ditunjukkan melalui pengemasan materi pembelajaran yang menarik berupa video, tips materi bacaan yang disertai dengan latihan soal dan pembahasan. Selain itu Zenius Education memiliki ekosistem pembelajaran online-offline.

Jadi, tidak akan ada lagi stigma tentang bimbel yang hanya untuk siswa ambisius yang ingin dapat juara kelas.

Mencoba Fitur – Fitur Zenius Sebelum Tahun Ajaran Baru di Mulai

Mumpung tahun Ajaran Baru 2022-2023 belum dimulai dan mumpung Widhi masih libur sekolah, saya mengajaknya mencoba fitur-fitur Zenius untuk memberikannya pengalaman belajar yang mudah dan praktis.

Widhi sedang mencoba fitur-fitur Zenius Live Class di aplikasi Zenius Education
Widhi sedang mencoba fitur-fitur Zenius Live Class di aplikasi Zenius Education

Kalau anaknya senang, siapa tahukan nanti bisa beli paket Zenius yang premium untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Setelah download Aplikasi Zenius di Appstore, Widhi dan saya langsung menjajal berbagi fitur Zenius Education lewat aplikasi.

Berikut adalah beberapa Fitur Zenius Education yang bisa kami rangkum.

ZenCore, Latih Otak Dengan Latihan Soal

ZenCore fitur Zenius yang memberikan latihan soal Verbal logic, matematika, Bahasa Inggris, dan Sains

ZenCore adalah fitur Zenius Education yang memberikan latihan soal tentang materi Verbal Logic, Matematika, dan Bahasa Inggris yang bisa diakses dengan mudah.

Kita diberikan waktu sekitar 120 detik untuk menyelesaikan setiap soal. Nah, masing-masing kategori materi ada 100 level yang bisa diikuti. Saya dan Widhi pun mencoba satu-satu latihan soal kategori Verbal Logic, Matematika, Bahasa Inggris, dan Sains.

kategori soal ZenCore
Kategori Soal di ZenCore
  • Verbal Logic, merupakan latihan soal tentang logika atau penalaran yang mengasah kemampuan bahasa dan analisis kata seseorang. Latihan soal Verbal Logic yang disajikan oleh Zenius terdiri dari soal-soal analogi, sinonim, antonim, sebab-akibat, hubungan antar kata dan lain sebagainya. Saat mengerjakan soal ini, kami sering terkecoh dengan soal hubungan sebab-akibat. Hahaha. Harus banyak-banyak latihan lagi nih.
  • Matematika, merupakan latihan soal tentang perhitungan matematika seperti operasi hitung, alogaritma, dan sebagainya yang mengasah kemampuan matematika kita. Ketika mengerjakan soal matematika ini, level 1 – 5 masih bisa di jawab dengan mudah, namun setelahnya Ambyar! Untungnya ZenCore ada materi pembahasannya, jadi bisa langsung memahami jawaban yang benar dari soal-soal yang salah jawab.
  • Bahasa Inggris, merupakan latihan soal untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Sama seperti matematika, soal Bahasa Inggris yang level up juga banyak yang masih salah jawabannya, wkwkwk.
  • Sains, merupakan latihan soal untuk mengasah pemahaman sains yang notabene masih bisa kami jawab dengan baik.

Setelah mencoba kategori 4 kategori ZenCore diatas, awalnya saya kaget banget waktu yang diberikan sangat cepat untuk menjawab soal-soal hitungan. Tapi setelah selesai 1 level, ada pilihan melihat “pembahasan” yang disertai dengan video penjelasannya juga. Menarik!

Pokoknya, ZenCore ini bisa banget untuk melatih ketangkasan dan kejelian kita dalam menjawab soal-soal.

Dengan metode adaptive learning, ZenCore cocok untuk segala usia, bisa untuk persiapan AKM, UTBK, Ujian Mandiri universitas & sekolah kedinasan, tes CPNS, hingga rekrutmen pekerjaan.

ZenBot, Tinggal Cekrek Langsung Ngerti

Fitur Zenius yang paling jenius menurut saya adalah ZenBot ini. Kenapa? karena pada Fitur ZenBot, kita bisa minta tolong Zenius untuk mencarikan jawaban dari soal matematika, fisika, kimia yang rumit sekalipun.

ZenBot ini memanfaatkan kecanggihan AI, dimana kita tinggal scan atau foto soalnya lalu upload ke aplikasi ZenBot. Kamu juga bisa langsung foto dari fitur kamera ZenBot ini loh! Hebatnya lagi, fitur ZenBot bisa digunakan 24 jam, dimanapun dan kapanpun!

ZenBot solusi pemecahan masalah soal matematka, fisika, kimia yang praktis

Karena penasaran, saya pun mencoba scan 1 soal matematika yang saya cari di internet. Setelah di-scan, beberapa detik kemudian muncul berbagi pembahasan yang disertai jawabannya. Ada juga pembahasan berupa video yang sangat mudah dipahami. Duhh Cakep!

Zenius Live Class, Pengalaman Belajar Bersama Tutor Handal

Fitur online Zenius Education yang tak kalah menarik adalah Zenius Live Class. Fitur ini semacam fitur online tutor yang memberikan kesempatan bagi pelajar untuk mengambil kelas apa saja yang diminati sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Zenius Live Class ini memberikan fasilitas pembelajaran yang komprehensif yang dikupas dari konsep dasar bersama tutor, bisa belajar dari mana saja, bebas memilih topik pelajaran sesuai yang diinginkan, dan adanya fasilitas tanya jawab dengan tutor.

Live Class adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran terutama melatih para siswa untuk berinteraksi langsung bersama tutor yang handal.

Content Library, Pengalaman Belajar Tanpa Batas

Di aplikasi Zenius Education, kita ternyata juga bisa menemukan lebih dari 100.000 konten belajar pada content library milik Zenius yang terdiri dari ilmu matematika, sains, dan ilmu sosial.

Setelah saya search di kolom pencarian memang benar ada banyak sekali konten yang bisa di akses dan di pelajari hanya lewat satu aplikasi.

Beruntungnya generasi muda masa kini yaaa, source untuk mereka belajar banyak sekali. Teknologi memang mengubah segalanya menjadi lebih mudah dan praktis!

New Primagama Powered by Zenius, Bimbel Hybrid Harga Terjangkau

Ganti cara belajar bersama New Primagama powered by Zenius

Selain menyediakan layanan belajar secara online lewat aplikasi, Zenius juga menghadirkan program kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar yang sangat populer di Indonesia, yaitu Primagama.

Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) yang didirikan tahun 1982 di Yogyakarta ini bekerjasama dengan Zenius pada tahun 2022 dan resmi berganti nama menjadi New Primagama.

New Primagama powered by Zenius merupakan fasilitas bimbel secara hybrid learning yaitu menggabungkan kekuatan dari sistem pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh.

Model belajarnya pun dikemas dalam two-teachers model, yaitu metode di mana para siswa bisa mendapatkan materi-materi pelajaran dari tutor Zenius secara online dan memperdalam pemahaman materi melalui bantuan tentor offline dari New Primagama.

Manfaat dari New Primagama Powered by Zenius yang paling menguntungkan menurut saya adalah adanya pertemuan tatap muka, akses gratis ke ribuan materi video belajar, latihan soal, tryout Zenius, ZenClub exclusive access dengan Wali Kelas, dan benefit premium lainnya.

Kolaborasi ini menciptakan metode pembelajaran secara offline dan online untuk membantu siswa Indonesia menjadi lebih Cerdas, Cerah, Cendekia, dan Asik. Oh ya, bimbel di New Primagaman tersedia dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

Yang buat keren lagi, New Primagama Powered by Zenius ini cabangnya sudah tersebar di seluruh Indonesia lho! Biaya bimbelnya juga sangat terjangkau yaitu mulai dari 5 jutaan rupiah saja.

Fitur Lain dari Zenius Education

Satu lagi fitur yang saya suka dari Zenius Education, yaitu Zenius Tips yang memuat artikel-artikel yang membahas tentang tips belajar. Fasilitas ini akan memberikan insight yang menarik bagi pelajar yang sedang berjuang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang memang harus disiapkan dengan matang.

Tips belajar ala Zenius yang mudah dipahami

Dengan gaya bahasa yang santai dan mudah dipahami, tips belajar ala Zenius ini menjadi sangat relevan dengan cara belajar para siswa dan mudah untuk diaplikasikan.

Kesimpulan

Zenius Education telah menjadi aplikasi edukasi yang bikin cerdas beneran lewat fitur-fitur Zenius yang keren seperti ZenCore, ZenBot, Zenius Live Class, Content Library, Zenius Tips, dan program bimbel hybrid bersama New Primagama. Berikut adalah kelebihan belajar bareng Zenius yang kami rasakan.

Kelebihan belajar bareng Zenius Education

Overall, pengalaman belajar keponakan saya, Widhi menjadi lebih menyenangkan bersama Zenius Education ini. Ia jadi lebih senang mengeksplorasi soal-soal dan nonton video-video pembelajaran. Saya sebagai pendamping belajarnya juga ikutan refresh pelajaran anak SD yang sudah belasan tahun terlewati.

Yang lebih oke lagi

Bagi temen-temen yang lagi punya anak SD – SMA yang memerlukan pendampingan dan pengalaman belajar yang super seru yuk download Aplikasi Zenius untuk iOS atau Aplikasi Zenius untuk Android.

Akhir kata, saya bisa bilang fitur Zenius Education ini benar-benar membantu dan mendukung semua pelajar dengan berbagai gaya belajar untuk bisa belajar lebih asyik, adaptif, efektif, dan efisien. Temen-temen juga bisa juga berlangganan untuk akses fitur premium Back To School Zenius agar pengalaman belajar jadi makin asyik.

Paket belajar Zenius Education dapat diakses mulai dengan Rp199,000 per tahun. Seluruh paket yang ditawarkan Zenius sudah dilengkapi dengan fitur live class, di mana siswa bisa mendapatkan materi belajar secara langsung oleh tutor-tutor handal dan berpengalaman.

Back to school Zenius Education

Tunggu apa lagi? Yuk ganti cara belajar bersama Zenius Education sekarang!

20 komentar untuk “Mudah dan Praktis, Belajar Makin Asyik Dengan Fitur Zenius Education”

  1. Betul sekali, cara belajar dan tingkat pemahaman anak-anak ini memang beragam.
    Dan semoga dengan memahami cara belajar anak zaman digital dan bersinergi dengan Zenius Education, kita semua bisa meningkatkan kemampuan anak untuk memahami materi pelajaran.

  2. Keren tuh nonton video tentang geometri.. Lengkap banget ya materinya, apalagi dengan adanya content library Zenius yg menyediakan materi belajar hingga ratusan..

  3. Zenius menemani masa SMA-ku dulu. kalau dulu mesti punya CD buat belajar dari Zenius sampai minjem ke kakak kelas hahaha. sekarang makin gampang diakses euy mantap, ditambah ada ZenCore pula buat asah otak 😀

  4. Mbak, bimbel di New Primagama kalau buat anak SD mulai kelas berapa, ya?
    Oh ya, ini kalau nyobain fitur-fitur nya apakah langsung berbayar atau bisa coba gratis dulu?

  5. fitur cekrek langsung dikasih solusi sama zenbot itu keren banget sih, ngebantu banget pas buntu ngerjain soal latihan. Pas banget untuk jadi teman belajar nih Zenius

  6. Wah 100 level 😍 ntaps sih ini, jadinya tuh terus akan tertantang untuk menyelesaikan soal-soal. Apalagi ada disertai pembahasannya juga ya. Seneng belajarnya

  7. Primagama sudah terkenal sejak saya sekolah dan kualitasnya tidak diragukan. Kolaborasi dengan Zencore dipastikan sistem pembelajaran makin kekinian tak aneh kalau banyak yg beralih ke sistem pembelajaran ini

  8. suka dengan collab primagama ama zenius. jadi menyediakan sistem hybrid yang bisa bermanfaat untuk siswa. terbukti sih mba, beberapa siswa itu ternyata lebih nyaman dan lebih paham dengan sistem pembelajaran online ketibang tatap muka 😀 balik lagi soal karakter belajar anak juga yaa

  9. belajar di Zenius ini asyik banget ya apalagi dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat memudahkan anak dalam belajar, seperti Zenbot itu contohnya ya, kalau bingung dengan soal bisa langsung foto dan kirim ke Zenbot aja buat dicariin jawabannya.
    ada Live Class juga ya jadi anak bisa belajar berasa tatap muka langsung 🙂

  10. Sekarang fiturnya makin keren ya. Dulu waktu aku masih SMA cuma bisa diakses lewat web. Tapi emang seru sih belajar di Zenius.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese