natih

Terbukti Menghasilkan, 5 Sumber Penghasilan Blogger Ini Wajib Kamu Coba!

Blogger merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Itulah yang saya yakini semenjak mulai serius nge’blog dari bulan Juni tahun 2021. Meskipun sudah mengenal blog sebagai media menulis dari tahun 2013, baru mulai Desember 2018 saya membulatkan tekad membuat blog TLD dan melahirkan natih.net ini.

Awalnya nge’blog bagi saya hanya sekadar tempat untuk mendokumentasi pengalaman selama internship di Jepang dan beberapa cerita tentang kehidupan perkuliahan. Namun ternyata, nge’blog juga bisa menjadi sumber penghasilan blogger yang sangat menjanjikan.

Sudah banyak blogger sukses yang membuktikannya, seperti Rini Noe (celotehdinihari.com), Katerina (travelerien.com), Satya Winnie (satyawinnie.com), Kadika (dwiandikapratama.com), Farchan Noor Rachman (www.efenerr.com) dan masih banyak lagi lainnya.

Saya sebagai blogger pemula juga tidak mau ketinggalan. Seperti cerita di awal tadi, saya pun akhirnya mengikuti berbagai komunitas blogger untuk membangun relasi sekaligus belajar dari para blogger yang sudah berpengalaman. Baru 6 bulan serius nge’blog, saya sudah mulai merasakan manisnya profesi nge’blog ini.

Dipenghujung tahun 2021 ini, saya ingin membagikan cerita seputar sumber penghasilan blog yang terbukti menghasilkan. Dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan mendengar cerita kawan blogger yang sudah menghasilkan dari blog.

5 Sumber Penghasilan Blog Yang Impactful

5-sumber-penghasilan-blogger

Pesatnya perkembangan teknologi membuat aktivitas pemasaran yang awalnya konvensional (word of mouth, iklan media cetak, dan iklan media elektronik) beralih ke pemasaran digital yang memanfaatkan internet dan sosial media.

Tak dipungkiri, blog merupakan salah satu alat marketing yang sangat berperan dalam meningkatkan brand awareness suatu bisnis.

Misalnya, ketika kamu ingin liburan ke Bali, pastinya kamu akan research dulu tempat wisata terbaik di Bali dengan cara buka google atau search engine lainnya. Ketika kamu ketik “Rekomendasi tempat wisata terbaik di Bali” di kolom pencarian, apa yang muncul? Pastinya artikel-artikel blog yang memberikan rekomendasi tentang apa yang ingin kamu cari. Setuju?

Oleh karenanya, tak jarang perusahaan-perusahaan besar memasarkan produknya melalui blog. Awalnya memang memberikan informasi, namun pada akhirnya akan memberikan call to action yang mengarahkan pembaca untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Soft selling banget kan?

Terlebih saat pandemi Covid-19 terjadi disrupsi (perubahan besar-besaran) pada dunia bisnis. Perusahaan yang tidak berinovasi dan tidak bersedia go digital akan berpotensi mengalami kebangkrutan.

Dengan adanya disrupsi digital ini,  peluang karir sebagai blogger pun semakin bersinar terang, seperti cahaya berlian.

Setidaknya ada 5 sumber penghasilan blogger yang wajib dicoba jika kamu ingin dapat cuan dari blog. Apa saja? Mari kita telusuri bersama.

#1 Lomba Blog

Ketika belum serius mendalami dunia blogging, bagi saya lomba menulis yang menghasilkan cuan hanyalah lomba karya tulis ilmiah dan lomba essay. Ternyata mengikuti lomba blog juga banyak cuannya! Hadiahnya pun tidak boleh dianggap remeh.

Satu artikel blog bisa meraih hadiah yang fantastis. Berkisar antara Rp 500.000 – puluhan juta rupiah. Bahkan seorang kawan blogger saya, Mba Ira Gusliana, pernah mendapatkan hadiah 1 unit mobil dari lomba blog yang diikutinya. Keren banget kan?

Lomba blog biasanya diselenggarakan oleh brand-brand terkenal yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasanya lewat tulisan para blogger yang informatif dan berkualitas. Selain itu, artikel blog tersebut juga bisa tetap terpublikasi alias evergreen.

Semakin banyak yang ikut lomba blog, semakin banyak pula yang mengulas produk perusahaan tersebut.  Pada akhirnya akan memberikan dampak positif untuk kemajuan bisnis perusahaan tersebut.

Dalam 6 bulan serius nge’blog saya sudah mengikuti 11 lomba blog, yang saya tulis disini dan disini. 

Meskipun tidak semua berbuah manis, setidaknya ada penghasilan tambahan yang saya dapat dari lomba blog ini. Achievement-nya bisa dilihat disini.

#2 Content Placement

Selain mengikuti lomba blog, content placement juga menjadi ladang penghasilan blogger. Content placement adalah teknik promosi yang memberikan informasi seputar produk yang ditulis dalam bentuk artikel yang informatif dan persuasif.

Konsep kerja sama content placement seperti simbiosis mutualisme yang  dapat menguntungkan kedua belah pihak, yaitu blogger dan perusahaan.

SEO menjadi salah satu aspek penting dalam membangun awareness. Hal ini menyebabkan banyak agency mengembangkan digital marketing, karena sadar akan keuntungan yang akan didapat.

Selain menyelenggarakan lomba blog, perusahan-perusahaan ternama juga gemar melakukan kampanye dan promosi melalui artikel yang mereka “titipkan” di platform blog atau website. Jadi, tugas blogger hanyalah memposting artikel yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Fee untuk 1 content placement bisa berkisar antara Rp 150.000 – Rp 2.000.0000 tergantung reputasi blog tersebut.

#3 Sponsored Post

Seperti content placement, sponsored post juga menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi para blogger. Lain halnya dengan content placement yang artikelnya disediakan oleh perusahaan, pada sponsored post perusahaan akan memberikan kebebasan kepada blogger untuk menulis artikel sesuai brief yang diberikan.

Jadi, pada sponsored post ini blogger tidak hanya memposting artikel pada blog, tetapi juga membuatkan artikel yang berkualitas sesuai kaidah penulisan artikel, SEO dan Search Intent sehingga mudah ditemukan di mesin pencarian.

Karena itulah biasanya fee sponsored post ini lebih mahal, yaitu berkisar antara Rp 250.000 – Rp 5.000.000. Sekali lagi, ini tergantung dari kualitas dan reputasi blog tersebut.

#4 Program Afiliasi

Selain content placement dan sponsored post, program afiliasi adalah program yang memungkinkan kita  untuk mendapatkan komisi apabila berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk.

Ada tiga pihak yang terlibat dalam program afiliasi. Pertama adalah pihak pemilik produk atau produsen, kedua adalah afiliator atau orang yang mengikuti program afiliasi. Ketiga adalah konsumen, yaitu orang yang menggunakan produk dari produsen.

Siklus cara kerja program afiliasi terbagi menjadi empat tahap, yaitu :

  1. Afiliator mendaftarkan diri untuk mengikuti program afiliasi dari perusahaan yang menyediakan program afiliasi
  2. Afiliator melakukan promosi produk dari perusahaan yang memberikan kerjasama bisnis dengan afiliator.
  3. Konsumen  mendapatkan kode referral dari afiliator.
  4. Afiliator akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang telah dilakukan.

Sebagai blogger, kode referral yang diberikan sebaiknya tidak disebarkan begitu saja atau memaksa orang lain membeli produk, melainkan memposting artikel informatif seputar produk atau jasa, kemudian menyematkan kode referral pada artikel tersebut.

Seperti yang pernah saya lakukan pada artikel SIM Card Jepang untuk Orang Asing, saya iseng memasukan link referral  yang kemudian menjadi pintu rejeki untuk saya.

Ketika di Jepang dulu, saya hampir tidak pernah membeli kuota internet karena saya mendapatkan bonus kuota setiap bulannya dari program afiliasi tersebut. Fyi, harga kuota internet di Jepang sekitar Rp 250.000/3 GB. Lumayan mahal kan?

Oh ya, program referral ini tidak hanya menguntungkan pihak produsen dan afiliator, tetapi konsumen juga mendapatkan keuntungannya. Seperti mendapatkan cashback, potongan harga, dan lain sebagainya. Setelah membeli produknya, konsumen tersebut bisa jadi afiliator juga.

Besaran komisi dari program afiliasi ini tergantung dari kebijakan perusahaan ya! Ada yang dihitung dengan persentase ada juga yang dihitung dengan nominal.

#5 Google AdSense

Selain keempat sumber penghasilan diatas, ada satu lagi yang impactful, yaitu Google adSense. Google AdSense adalah layanan google yang memungkinkan perusahaan untuk memasang iklan di google. Cara kerja Google AdSensen ini adalah menyematkan iklan pada situs website sesuai dengan minat pengguna google.

Contohnya, ketika pengguna sering mencari informasi seputar gadget di google, secara tidak langsung ia akan sering menjumpai iklan-iklan tentang gadget pada artikel yang ia baca. Nah, disinilah peluang blogger untuk mendapatkan penghasilan melalui Google AdSense.

Adapun caranya adalah mendaftarkan dan menghubungkan blog ke akun Google Adsense. Jika diterima, maka iklan-iklan yang sesuai dengan topik blog akan muncul di situs blog kita. Fee dari pemasangan iklan ini akan didapat jika pembaca blog klik iklan yang terpasang di blog.

Daftar Intellifluence Untuk Menghasilkan Cuan Puluhan Dollar

Meskipun Google AdSense dapat memberikan penghasilan tambahan, perlu diingat juga kalau Google AdSense ini akan efektif jika traffic atau kunjungan blog kamu sudah ribuan per hari. Jika masih sedikit, lebih baik memaksimalkan empat sumber penghasilan blogger yang sudah kita bahas sebelumnya.

Khusus untuk mendapatkan job content placement dan sponsored post, sangat dianjurkan untuk mendaftarkan blog kita pada situs freelancer seperti Intellifluence.

intellifluence-sumber-penghasilan-blogger
Situs Intellifluence telah memiliki reputasi sebagai marketplace freelancer terbaik.

Bagi yang belum tahu, Intellifluence adalah marketplace yang mempertemukan antara brand dengan content writer, dimana biasanya job content placement dan sponsored post bisa didapatkan dari situs tersebut. Intellifluence adalah situs freelancer internasional bereputasi yang memberikan fee berupa dollar US!

Adapun manfaat menjadi Influencer di situs Intellifluence adalah :

  1. Mekanisme pendaftaran yang sangat mudah
  2. Jaringan job yang luas dan berkualitas
  3. Bisa pilih job sesuai kategori yang disukai dan dikuasai
  4. Fee-nya sangat fantastis, 1 artikel bisa dibayar 100 USD
  5. Ada job ringan seperti membuat postingan instagram, mengulas Intellifluence di Appstore dan Playstore yang dibayar 5 USD.
  6. Deadline pengerjaan artikel cukup panjang, bisa 2 minggu – 1 bulan
  7. Pembayaran fee yang sangat mudah dengan akun paypal
  8. Bahasa artikel yang digunakan tidak perlu menggunakan Bahasa Inggris, bahkan dianjurkan menulis artikel sesuai bahasa nasional kita.

Karena kemudahan tersebutlah saya mencoba mendaftarkan diri. Setelah melengkapi profil, saya mulai mendapatkan beberapa job. Bahkan fee dikirimkan bertepatan dengan hari ulang tahun saya, 10 Desember 2021 lalu. Saya mendapatkan hadiah senilai 105 USD dari Intellifluence!

Hadiah Ulang Tahun dari Intellifluence.

Jika kamu berminat, kamu juga bisa daftar dengan klik disini

Sekian artikel tentang 5 sumber penghasilan blogger yang wajib kamu coba. Menulis memang akan semakin menyenangkan apabila tulisan kita bermanfaat untuk orang lain dan bermanfaat untuk diri kita sendiri aka menghasikan cuan minimal bisa digunakan untuk memperpanjang domain dan hosting. Hehehe.

Bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ya!

SELAMAT TAHUN BARU 2022. Salam kreatif dan prestatif!

29 komentar untuk “Terbukti Menghasilkan, 5 Sumber Penghasilan Blogger Ini Wajib Kamu Coba!”

  1. Keren mbak tulisannya mbak… kira2 selain intellinfluence ada rekomendasi lain ga mba….
    saya nge stuck di 1.100 Usd… udah sepi jobs sekarang… ada trik ga mbak biar bisa dapat jobs lain?

  2. Di jaman sekarang makin mudah nih untuk menghasilkan pendapatan melalui blog.

    Saya udah lama banget nih gak ikutan lomba blog. Kangen aslinya, tapi minder dulu, yang lain cakep-cakep banget.

  3. Saya baru 2017 kenal blog. Lumayan sekarang mulai ngerasain penghasilan dari blog. Sayang belum pernah menang lomba nih, Mba Natih, huhu…

  4. Dari semuanya aku belum pernah coba yang ad sense sama afiliasi nih, klo ad sense kan perlu syarat2 khusus yaa supaya bisa jalanin program ini? Nah Intellifluence menarik banget ya buat digeluti, ratecard nya lumayan banget 🙂

  5. Wah, ga bisa dianggap remeh nih informasi kece banget. Ikutan lomba baru nyoba, semoga bisa ada rezei juara. Placement pernah, intell juga udah coba, moga lebih banyak untuk daerah Indonesia. Hehe

  6. Alhamdulillah ya sekarang dunia blog ini memang bisa dijadikan salah satu sumber pemasukan. Aku paling sering dapat tambahan uang dari content placement dan sponsored post sih. Kalau ikut lomba jarang banget bisa menang karena yang ikutan keren-keren tulisannya

  7. Aku dari 1-5 itu semuanya sudah pernah dicoba kak Natih, tapi yg no.5 masih belajar dan pemula bangett. Yg paling gede itu dari intellifluence bahkan fee satu tulisannya nilainya gede” ya kak, dan udah dapat beberapa kali jga. Tetap semangat ngeblognya kak 🔥

  8. Terimakasih mbak infonya, sangat menarik sekali

    saya juga sangat pemula sebagai seorang blogger. melihat cuan di blog memang sangat menggiurkan
    saya juga coba ikutan intellifluence tapi masih sepi job (karena blog saya belum terlalu bagus)

    tapi tetap semangat untuk terus blogging

  9. Keren nih mbok gek Natih. Aku juga lagi maksimalin sumber penghasilan blogger nih. Semua yang disebutkan di atas udah aku lakukan nih kecuali adsense dan affiliate. Bener juga yak. Kalo traffic belum ribuan per hari, ga usah maksimalin adsense. Soalnya emg cuannya kecil. Beda kasus klo emg traffic ribuan ya kak.

    Aku juga udh pny akun intellinfluence nih. Tp blm daftar job2 di sana. Ini aja udh kelimpungan ngurus CP dan sponsor post wkwkwk. Smg pandemi ini bikin cuan buat para blogger2 ya mbok gek.

  10. Fandhy Achmad Romadhon

    Terima kasih atas tulisannya mbak, tulisannhya memberi banyak pencerahan, bahwa sesungguhnya mencari uang dari blog itu tidak sebatas dari Google adsense saja, tapi masih banyak saluran lain yang menghasilkan. Saya malah baru tahu perihal situs influencer, dengan berbagai penawaran yg bagus tentu akan menarik apabia bisa mendapatkan job dari situ, tentu akan menambah penghasilan jg

  11. Sumber penghasilan blogger memang nggak jauh-jauh dari sana ya, Kak. Ya dari lomba blog, content placement, sponsor post, affiliasi, market place dan ads. Untuk ads ternyata ada banyak jenisnya lho, Kak. Bukan hanya adsense saja. Ada MGID misalnya.

  12. Pohonketelamenulis.com

    Pas banget nih banyak yg nanya ttg sumber penghasilan blogger, izin share ya mbak natih.

    Intellifluence untuk para blogger memang membantu banget, serasa lebih dihargai kalau bikin 1 artikel

    1. Mba Rini Noe juga panutanku 💕 banyak belajar dr mba Rini hehe..semoga akupun bisa lebih konsisten lagi dalam ngeblog yaaa ^^ dan meraih pundi pundii hehe

  13. wow, ternyata kak natih udah ngeblog sejak tahun 2013 yaaa, sudah senior. menjadi bloger emang bisa jadi alternatif mendapat penghasilan ya kak. saya juga ngerasain-nya, alhamdulillah bisa lah buat checkout shopee. hehehe. juga di intellifluence, menurut saya peluangnya besar sekali di inetelli ini. tapi saya belum banyak nih dapetnya baru pemula. spill juga dong kak gimana caranya biar bisa dapet job more and more di intelli, hehehe

  14. Menambahkan mbak, selain 5 poin yang mbak Natih sebutkan itu, ada juga potensi penghasilan lain dari blog seperti jadi guest speaker.

    Mungkin lebih pasnya blog sebagai jembatannya alih-alih sebagai sumber penghasilannya seperti yang mbak Natih paparkan di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese