tips merawat mobil saat musim hujan

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Beberapa wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Sebagai pemilik mobil, Anda harus bersiap-siap untuk rajin melakukan perawatan mobil. Air hujan memiliki kadar garam yang tinggi. Jika mobil dibiarkan terus menerus terguyur air hujan tanpa ada perawatan yang mumpuni, bukan tidak mungkin makan bisa menimbulkan permasalahan.

Berikut perawatan mobil yang wajib Anda lakukan ketika memasuki musim penghujan agar mobil Anda tetap terjaga kondisinya. 

tips merawat mobil saat musim hujan

1. Bersihkan Mobil dari Sisa Air Hujan

Seperti yang telah disebutkan di atas, air hujan memiliki kandungan air garam yang tinggi. Apabila sisa-sisa air hujan dibiarkan mengering pada permukaan mobil, akan meninggalkan residu yang mengendap pori-pori. Ini juga yang akan menyebabkan timbulnya karat dan jamur yang merusak bodi mobil.

Agar terhindar dari hal ini, usahakan untuk rajin mencuci bersih mobil Anda terutama seusai terkena hujan. Atau setidaknya bilaslah dengan air bersih dan pastikan bodi mobil bebas dari kotoran-kotoran sisa air hujan seperti pasir dan lain-lain. 

2. Merawat Kaca Mobil

Tak hanya bagian bodi mobil, kaca mobil juga harus mendapatkan perawatan ekstra ketika musim hujan. Tujuannya tentu agar pandangan Anda selama berkendara tetap jernih, mengingat air hujan bisa memicu timbulnya jamur kaca dan membuat kaca depan jadi buram. Hal ini tentu membuat pengemudi jadi tidak nyaman.

Seperti tips sebelumnya, perawatan kaca mobil paling sederhana adalah mencucinya setelah terkena air hujan di jalan. Jangan biarkan air hujan mengering sendiri dan mengendap ke pori-pori kaca agar tidak muncul jamur.

Bilas kaca depan dengan air bersih, pastikan tidak ada partikel yang menempel kemudian keringkan dengan lap microfiber yang bersih dan lembut.

Anda bisa juga menyemprotkan cairan anti jamur kaca yang mudah ditemukan di toko perlengkapan mobil maupun situs jual beli online. 

3. Lakukan Tune Up

Komponen mesin juga tidak boleh terlewat untuk selalu diperhatikan sepanjang musim hujan. Sebab pada beberapa kejadian, kerap kali air hujan yang menetes ke dalam komponen mesin mengakibatkan terjadinya kendala bahkan bisa membuat mobil mogok.

Karenanya jangan lupa untuk selalu melakukan mesin tune up di bengkel Suzuki jika merasakan gejala-gejala yang mengganggu pada mobil Anda. Lakukan juga pengecekan singkat pada mesin setelah membersihkan mobil setelah terkena guyuran hujan. 

4. Membersihkan Karpet Mobil

Karpet mobil yang basah dan tidak dibersihkan setelah kena air hujan akan memicu bau yang tidak sedap dalam kabin mobil. Selain itu, jamur dan bakteri yang tidak sehat juga bisa bersarang di dalamnya.

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan karpet yang kerap kali kebasahan saat Anda dan penumpang masuk ke mobil setelah kehujanan. Gunakan juga pelindung/karpet tambahan yang terbuat dari bahan karet sehingga karpet tidak mudah lembab dan kotor. 

5. Merawat Karet Wiper

Karet wiper merupakan bagian yang penting untuk menjaga jarak pandang Anda tetap aman selama berkendara di tengah cuaca yang hujan. Pastikan karet wiper berfungsi dengan baik dan karet-karetnya tidak keras agar tidak menimbulkan goresan pada kaca setiap kali digunakan menyapu air hujan.

Isi cairan pembersih kaca pada tangki air wiper yang bisa membuat kaca mobil menjadi licin. Jika muncul bunyi berdecit yang terus menerus, periksa apakah wiper sudah harus diganti dengan yang baru. 
Pastikan mobil Suzuki kesayangan Anda sudah siap menghadapi musim hujan dengan selalu merawat dan memeriksa seluruh komponen yang ada. Lakukan perawatan mobil hanya di bengkel yang terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki.

Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di kota Anda untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari teknisi yang profesional dan berpengalaman.

19 komentar untuk “Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan”

  1. wah di Batam juga sudha musim hujan nih. Apalagi sering banjir, jadi kadang di jalan banyak air menggenang. Mesin harus sering dirawat biar nggak cepet rusak, apalagi macet di waktu yang tidak diingikan

  2. Terima kasih tipsnya ya mba natih… Anw aku palings ebel nih biasanya kalau cuci mobil di musim hujan.. suka deg2an gitu habis mobil bersih, langsung kotor lagi nggak ya karena hujan… hahahaha :))

  3. Oh gini ya..cara merawat mobil dari air hujan.
    Dulu suka mikir, “Kenapa kalau hujan bukannya bikin mobil tambah bersih, tapi malah banyak debunya? Apalagi pas di bagian velg.”
    Ternyata memang perjuangan mobil ketika musim hujan lebih berat yaa.. Jadi kudu dibersihin bener-bener agar merawat body mobil tetap awet.

  4. Biar kendaraan terawat dan aman, memang seharusnya lakukan cek di bengkel resmi iya. Selain mendapatkan banyak tawaran dan potongan, juga pastinya kita akan merasa lebih aman. Karena petugas bengkelnya juga sudah pasti profesional ya

  5. Ternyata banyak ya yang harus diperhatikan saat musim hujan. Selama ini mah asal makai dan naik aja. Sekarang harus lebih aware aah sama hal-hal yang disampaikan di atas, biar mobil tetap terawat.

  6. Kalau lagi musim hujan berarti perawatan untuk mobil kudu teliti ya kak.
    Biar saat dibawa berkendara tetap berfungsi optimal dan gak berkarat

  7. Musim penghujan kadang malas merawat mobil dengan alasan nanti juga bakal kena guyuran hujan lagi.
    Padahal air hujan yang mengenai mobil kudu dibilas dan dikeringkan. Makasih tipsnya kak.

  8. Musim penghujan kadang malas merawat mobil dengan alasan nanti juga bakal kena guyuran hujan lagi.
    Padahal air hujan yang mengenai mobil kudu dibilas dan dikeringkan. Terima kasih tipsnya kak.

  9. Sebelum daku punya mobil kudu belajar cara perawatannya dulu ya. Setuju banget Kak, kudu sering dicuci apalagi setelah hujan, biar awet juga. Memang belajar telaten ya kalau merawat mobil apalagi kalau musim hujan.

  10. Paling be-te tuh…kalau baru nyuci mobil, dipakai jalan, trus hujan…huhu…Memang betul begitu sampai rumah harus segera dibilas sih, dilap kering. Makasih infonya nih…

    1. Jangankan mobil, sepeda motor yang sering keujanan juga kudu diperhatiin huhu apalagi mobil yang mesinnya lebih kompleks. Jadi inget pas di rumah masih ada mobil, bapakku paling rajin nyuci tiap abis becek2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese