Education

5 Kegiatan Produktif Untuk Mahasiswa Semester 5

Masa kuliah dapat dikatakan sebagai masa dimana kita bisa membentuk dan mencari jati diri.  Bahkan, menurut sebagian orang, masa kuliah menjadi salah satu kesempatan untuk kita bisa merantau jauh dari kampung halaman. Belajar mandiri, bertanggung jawab, dan tidak melulu bergantung pada orang tua.

Nah, semester 5 merupakan semester yang bisa dikatakan sangat rawan. Hal ini terbukti dari banyaknya mahasiswa yang cuti kuliah atau berhenti kuliah dengan berbagai alasan. Seperti jenuh kuliah, ingin langsung cari kerja, ada masalah dengan teman, dan masalah finansial.

Jika saat ini kamu ingin ikut-ikutan berhenti kuliah, tunggu dulu! Hang in there! Jangan terburu-buru.

Pikirkanlah hal-hal yang sudah kamu lakukan selama hampir 5 semester mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Apalagi berhasil ngampus di perguruan tinggi ternama. Gak inget betapa sulitnya  berjuang masuk ke kampus impianmu dulu?

Oleh karena itu, jangan sia-siakan waktu kuliah dengan melakukan hal-hal yang kurang produktif apalagi menjurus ke hal yang negatif. Semasih kamu diberikan kesehatan dan kesempatan berkembang, lakukanlah hal-hal produktif selama masa perkuliahanmu.

Lalu apa saja 5 kegiatan produktif untuk mahasiswa semester 5? Baca artikel ini sampai habis karena sebentar lagi kamu akan tahu jawabannya!

Ikut Magang Kampus Merdeka

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti program magang Kampus Merdeka.  Apakah kamu sudah familiar dengan istilah Kampus Merdeka? Kalau belum, saya bisikin lagi ya! Kampus merdeka adalah program terbaru dari Kemdikbud yang memfasilitasi mahasiswa seluruh Indonesia untuk belajar diluar kampus dan diluar kurikulum yang ada di kampus.

Mahasiswa bebas mengikuti program sesuai dengan minat dan bakatnya, asalkan memenuhi kriteria dan lolos seleksi. Program Kampus Merdeka ini memberikan kesempatan belajar yang lebih luas.

Nah, magang merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang sangat populer. Program ini biasanya menyasar mahasiswa semester 5  yang tertarik mendapatkan pengalaman bekerja pada perusahaan besar dan ternama, seperti Gramedia, Tiket.com, Traveloka, Buka Lapak,  Telkomsel, dan lain sebagainya.

Gak percaya? lihat aja daftar perusahaan penerima mahasiswa magang kampus merdeka disini.

Hebatnya lagi, Program Magang Kampus Merdeka ini akan mendapatkan sertifikat dan uang saku!

Jika performamu baik selama magang, maka besar kemungkinan kamu akan direkrut oleh perusahaan tersebut bahkan sebelum kamu dinyatakan lulus kuliah lho! Selain itu, kampus akan memberikan konversi SKS maksimal sebanyak 20 sks atau setara 1 semester.

Hayo, yakin gak tertarik?

Andaikan saya masih menjadi mahasiswa aktif, saya tidak akan sia-siakan kesempatan ini kawan.

Ikut Kompetisi Yang Diselenggarakan Belmawa

pimnas-pkm-emas
Pertama kalinya kampus kami berhasil meraih medali emas pada penyajian poster PKM Penelitian Sosial Humaniora pada PIMNAS 30 di Universitas Muslim Indonesia

Bukan rahasia umum lagi, Kemendikbud melalui Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan banyak sekali menyelenggarakan lomba-lomba bergengsi tingkat nasional.

Sebut saja National University Debate Championship, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia, Lomba Inovasi Digital Mahasiswa, Program Kreativitas Mahasiswa, dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah memiliki tabungan prestasi dan aktif ikut kegiatan kemahasiswaan dari semester 1, kamu juga bisa ikut ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi. Jika kamu ingin tahu apa syarat wajib menjadi mahasiswa berprestasi kamu bisa kepoin disini.

Nah, kamu bisa banget manfaatkan kesempatan mengikuti lomba-lomba tersebut untuk meraih prestasi bergengsi tingkat nasional.

Ingat, berprestasilah sesuai minat, bakat, dan kemampuanmu. Jangan dipaksakan, nanti kamu stress. Hehehe.

Melakukan Pengabdian Masyarakat Melalui PHP2D dan Program Wira Usaha Desa

Selain kegiatan berupa kompetisi, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan juga memiliki program pengabdian masyarakat yaitu Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) serta Program Wira Usaha Desa.

Program ini sama-sama bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan desa. Jika kamu mengusulkan proposal pengabdian dan tembus pendanaan, kamu dan team akan mendapatkan pendanaan maksimal 40 juta untuk membantu masyarakat desa sasaran.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh konversi SKS sebanyak 10 sks dari kampusmu.

Ikut Program Volunteer

Selain program pengabdian yang diselenggarakan oleh Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, pada semester 5 juga kamu bisa ikut berbagai program volunteer baik itu berupa projek social media campaign, volunteer membangun desa, dan volunteer mengajar di sekolah-sekolah tertinggal.

Dijamin, jiwa sosial dan kemandirianmu akan semakin terasah!

Asah Jiwa Berwirausaha

Jika kamu ingin memiliki usaha dan belajar bisnis, tidak ada salahnya ketika menginjak semester 5 kamu serius mengasah jiwa wirausahamu.

Kamu bisa mencari ide wirausaha dari berbagai sumber, seperti youtube atau social media lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan menganalisa pasar.

Jika kamu serius dan bisnismu berkembang pesat, kamu bisa jadi seorang entrepreneur muda yang sukses bahkan sebelum lulus kuliah!

Demikian 5 kegiatan produktif untuk mahasiswa semester 5. Dari kelima kegiatan itu, yang mana paling membuatmu tertarik? Ceritakan di kolom komentar ya!

One Comment

  • ainun

    kayaknya dulu waktu aku semester 5, udah kerja sambilan jadi guru privat anak SD
    mau nggak mau belajar lagi buku pelajaran anak kelas 5.
    awalnya nggak yakin, tapi bisa juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese