5 rekomendasi platform pelatihan prakerja terbaik

5 Rekomendasi Platform Pelatihan Prakerja Siap Kerja Terbaik 2022

Program Kartu Prakerja masih menjadi salah satu program unggulan Pemerintah untuk mempersiapkan SDM Indonesia yang berkualitas, siap kerja, dan berdaya saing. Per minggu ini, Program Kartu Prakerja sudah tembus 24 gelombang semenjak dirilis pertama kali pada 11 April 2020.

Sekilas Tentang Program Kartu prakerja

Program Pelatihan Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Keikutsertaan pelatihan prakerja dibuktikan dengan kepemilikan kartu prakerja yang berisi 16 angka nomor kartu prakerja.

Manfaat Kartu Prakerja selain bisa membeli pelatihan soft skill dan hard skill yang mumpuni dan siap kerja, masyarakat yang mengikuti pelatihan prakerja dengan kartu prakerja juga memperoleh insentif prakerja sebesar Rp 600.000/bulan selama 4 bulan berturut-turut.

Sedangkan, dana sebesar Rp 1.000.000 akan masuk ke akun peserta yang harus digunakan untuk membeli kursus premium dari platform mitra Kartu Prakerja. Jika peserta sudah mengikuti minimal 1 kali pelatihan Prakerja, Insentif Prakerja sebesar 600.000/bulan tadi akan langsung cair ke rekening atau e-wallet peserta.

Jika boleh flash back, saya pun pernah menjadi peserta yang beruntung lolos Program Kartu Prakerja di gelombang 7 tepatnya bulan September 2020. Ketika itu, pandemi Covid-19 sedang marak-maraknya, sehingga banyak karyawan yang di-PHK. Untunglah saya bisa mengikuti Pelatihan Prakerja, lumayan banget untuk menambah soft skill dan hard skill.

Agar bisa memperoleh manfaat Kartu Prakerja secara maksimal, kita harus mampu memilih platform mitra Prakerja yang baik. Pilihlah mitra yang menyediakan pelatihan prakerja berbasis e-learning yang mudah diakses dan sesuai dengan hard skill dan soft skill yang ingin kita pelajari.

5 Platform Pelatihan Prakerja Terbaik

Ada berbagai kelas Pelatihan Prakerja yang bisa diikuti termasuk tips and trik blogging untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Dari kurang lebih 155 platform yang menyediakan Pelatihan Prakerja, saya ingin merekomendasikan 5 platform Pelatihan Prakerja terbaik untuk meningkatkan hard Skill & soft skill.

Kelima platform ini adalah platform e-learning di Indonesia. Baca sampai habis untuk mendapatkan keseluruhan insightnya ya!

1. Karier.mu

Platform yang pertama adalah Karier.mu by Sekolah.mu. Karier.mu merupakan platform online learning yang memungkinkan kita bisa memilih kursus yang diinginkan. Ada ratusan kursus yang bisa dipilih berdasarkan beberapa kategori diantaranya : Sales & Marketing, Data & Teknologi, Bahasa, Bisnis, Administrasi & Perkantoran, Persiapan Kerja, Kesenian & Fotografi.

Ketika saya mengikuti Program Kartu Prakerja tahun 2020 lalu, saya pun menggunakan Karier.mu sebagai platform pertama yang saya pilih untuk belajar online tentang “Strategi Marketing Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan”. Belajar online di Karier.mu tidak pernah mengecewakan. Kursusnya dikemas melalui video-video penjelasan oleh mentor professional yang sangat mudah dipahami. Setelah mengikuti kursus pun, kita akan mendapatkan sertifikat seperti yang ciamik seperti ini :

Sertifikat Pelatihan Prakerja di Karier.mu by Sekolah.mu
Sertifikat Pelatihan Prakerja di Karier.mu by Sekolah.mu

2. Skill Academy

Yang sering ikut kursus di Ruang Guru pasti tidak asing dengan platform satu ini. Yup! Skill Academy merupakan bagian dari Ruang Guru yang menyediakan ratusan online learning course yang bisa di beli dengan menggunakan Kartu Prakerja.

Pelatihan prakerja di skill academy by Ruang Guru
Pelatihan Prakerja di Skill Academy Ruang Guru

Skill Academy by Ruang Guru memberikan pengalaman belajar online yang mudah dengan instruktur terpercaya dan berpengalaman. Skill Academy juga memberikan fasilitas bimbingan karier untuk menentukan career path yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

3. Kelas.com

Ingin belajar langsung dari aktris/aktor Indonesia yang berbakat? Ikut Pelatihan Prakerja di Kelas.com jawabannya!

Kelas.com adalah sebuah perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi edukasi (edu-tech). Berbeda dari start-up edu-tech lainnya, Kelas.com menyediakan suatu platform e-learning dimana siapa saja dapat belajar materi pembelajaran apapun yang mereka inginkan bukan hanya dari seseorang yang pandai pada suatu bidang, tetapi dari para ahli termasuk aktor dan aktris yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Sebut saja Chef Juna yang mengajarkan teknik memasak, Darwis Triadi yang mengajarkan teknik fotografi, dan Ernest Prakarsa yang mengajarkan cara menulis skrip film.

Pelatihan prakerja di kelas.com diajarkan oleh artis Indonesia yang professional

Jadi ingat lagi pelatihan prakerja gelombang 7 yang saya ikuti. Saya juga membeli pelatihan Self Make Up dari Ryan Ogilvy, seorang makeup artist New York Fashion Week yang namanya sudah terkenal di kancah internasional.

4. Cakap

Rekomendasi platform belajar online untuk pelatihan prakerja selanjutnya adalah Cakap. Sesuai dengan namanya, Cakap memiliki tagline #MakinCakapSiapKerja. Hal itu terbukti dari banyaknya kursus online yang praktis dan mudah dipraktikan sendiri di tempat kerja.

Kebanyakan kursus yang ditawarkan Cakap adalah topik-topik ilmu pariwisata dan perhotelan, seperti 3 kursus paling populer di bawah ini.

Belajar online di Cakap pun terbilang sangat mudah dengan berbagai pilihan kursus yang bisa diikuti. Selain itu, semua pelatihan prakerja yang ditawarkan oleh Cakap akan memperoleh sertifikat keikutsertaan dan bisa digunakan sebagai portofolio ketika melamar pekerjaan.

5. QuBisa

Rekomendasi platform pelatihan prakerja yang kelima adalah QuBisa yang sekaligus menjadi platform online learning terbaik saat ini. Bukan tanpa alasan, selain karena memiliki berbagai pilihan kursus dan metode belajar, QuBisa juga menghadirkan kursus gratis bagi siapa saja yang mau meningkatkan soft skill dan hard skill untuk mencapai karir yang cemerlang. Tentu saja, didampingi oleh instruktur dan pengajar yang professional di bidangnya.

Kelebihan QuBisa yang paling saya suka adalah fleksibel, sangat efektif dan efisien, serta super lengkap dan praktis. Konten-konten edukatifnya dikemas dengan berbagai metode seperti microlearning, belajar kilat, kursus, dan webinar. Kamu pun bisa uji kemampuan Keterampilan Sukses Millennial dan Keterampilan Digital Millennial di QuBisa Assessment

belajar personal branding di QuBisa

Saking sukanya sama QuBisa, saya sudah 3 kali mengikuti pelatihan gratis di QuBisa. Saya pun sudah pernah menceritakan pengalaman mendulang ilmu di QuBisa. Habis baca artikel ini jangan lupa mampir juga ya!

Saat ini, QuBisa menawarkan 2 kelas pelatihan Prakerja yang sangat menarik. Pertama, pelatihan “Membuat Website Dengan WordPress Untuk Menjadi Desainer Website” dan yang kedua adalah pelatihan “Meningkatkan Kepemimpinan Untuk Supervisor Kantor”.

pelatihan prakerja di QuBisa sangat mendukung karir di perusahaan

Nah, bagi kamu yang lolos Program Kartu Prakerja dan tertarik mengikuti kedua kursus tersebut, jangan lupa ikuti pelatihan prakerja di QuBisa yaa! Agar lebih mudah, kamu bisa download Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android.

Syarat Kartu Prakerja

Bagi kamu yang belum pernah mengikuti atau belum lolos Program Kartu Prakerja, jangan khawatir karena masih ada kesempatan untuk mengikuti pelatihan Prakerja di gelombang selanjutnya.

Biar gak kecolongan lagi, pastikan kamu mengetahui syarat mendaftar Kartu Prakerja berikut ini :

  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Mendaftar Prakerja

Jika kamu sudah memenuhi syarat Kartu Prakerja seperti diatas, kamu bisa lanjutkan mendaftar Program Kartu Prakerja. Ikuti cara daftar Prakerja seperti prosedur berikut :

  1. Pantau terus instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id
  2. Jika sudah ada pembukaan gelombang baru, segera daftar dan buat akun melalui situs prakerja.go.id
  3. Tunggu verifikasi data pada email yang telah didaftarkan
  4. Klik verifikasi pada link yang dikirim panitia melalui email
  5. Ikuti test seleksi yaitu test motivasi dan kemampuan dasar
  6. Tunggu pengumuman lolos pada dashboard akun prakerja yang sudah dibuat.

Selain mengikuti cara daftar Prakerja seperti langkah diatas, jangan lupa berdoa juga yaa. Karena sebenarnya cara mendaftar Prakerja cukup tricky dan untung-untungan. Ada beberapa teman saya yang memenuhi persyaratan namun tidak lolos seleksi.

Golden Tips! Test motivasi dan kemampuan dasar saat proses mendaftar Prakerja harus dikerjakan secara maksimal, terutama pada soal matematika. Pastikan juga jawabanmu pada test motivasi konsisten dari awal sampai akhir. Ikutilah test pada tempat yang tenang dan kondusif ya!

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

Jika saat pengumuman namamu lolos seleksi, kamu akan menerima email lolos seleksi pada email yang kamu daftarkan saat membuat akun Prakerja. Segera lakukan pembelian program pelatihan prakerja setelah kamu mendapatkan email lolos seleksi Prakerja.

Jika tidak melakukan pembelian pelatihan prakerja melebihi 30 hari semenjak ditetapkan lolos seleksi, maka kamu akan dinonaktifkan dari program dan tidak berhak mendapatkan akses pelatihan dan insentif Prakerja.

Sebelum membeli kursus pelatihan prakerja, ingat singkronkan rekening atau e-wallet untuk menerima insentif prakerja nantinya. Kamu bisa singkronkan dengan login ke dashboard prakerja.go.id, klik “sambung rekening” pada bagian rekening, pilih e-wallet atau rekening yang ingin disambungkan, masukan nomor e-wallet atau nomor rekening, kemudian klik sambungkan. Jika sudah, kamu sudah siap mengikuti pelatihan prakerja.

Bagaimana cara mengikuti pelatihan Prakerja dan reedem voucher Kartu Prakerja? Gampang!

  1. Pilih pelatihan prakerja yang ingin diikuti pada platform mitra prakerja (kamu bisa pilih salah satu dari 5 rekomendasi diatas)
  2. Pilih kursus yang bertanda kartu prakerja, pilihlah kursus sesuai minat agar kamu mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal
  3. Saat melakukan pembayaran, masukan 16 angka nomor Kartu Prakerja yang sudah kamu miliki
  4. Ikuti pelatihan dengan baik sampai mendapatkan sertifikat Prakerja.
  5. Jika masih ada sisa saldo prakerja, kamu bisa gunakan untuk mengikuti kursus prakerja yang lain.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja

Ada dua insentif prakerja yang akan didapatkan, yaitu :

  • Insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp600.000 perbulan selama 4 bulan
  • Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000 per survei.

Cara mencairkan insentif prakerja adalah :

Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan menerima insentif biaya mencari kerja setelah:

  1. Telah menyelesaikan Pelatihan Prakerja yang ditandai dengan adanya sertifikat
  2. Jika Penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.
  3. Telah memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan di dashboard kamu
  4. Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id
  5. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Pencairan insentif prakerja ke rekening atau e-wallet biasanya membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard akun kamu. Berikut contoh insentif prakerja yang sudah cair dan masuk ke e-wallet peserta.

Kesimpulan

Program Pelatihan Prakerja merupakan program Pemerintah yang sangat menguntungkan bagi penerimanya karena selain bisa mengasah soft skill dan hard skill secara gratis juga diberikan insentif langsung ke e-wallet atau rekening pribadi.

Pelatihan hard skill dan soft skill ini tentunya sangat penting untuk mempersiapkan jenjang karir dan berwirausaha yang lebih baik. Jadi, bagi kamu yang memenuhi persyaratan menerima Pelatihan Prakerja, jangan sia-siakan kesempatan ini ya!

85 komentar untuk “5 Rekomendasi Platform Pelatihan Prakerja Siap Kerja Terbaik 2022”

  1. Mitra Prakerja Qourse.id

    Selain 5 Daftar di atas, Qourse.id mungkin bisa jadi pilihan kelas prakerja. Materinya adalah cara membuat komik digital.

  2. saya juga beberapa kali pernah mengambil kelas on line, apalagi banyak yang menawarkan promo dan paket menarik… jadi ga ada alasan lagi untuk tidak aktif mencari ilmu pengetahuan

  3. Nabilla - Bundabiya.com

    baguss nih kalau pada kursus di qubisa, soalnya memang materi2nya lumayan detail. mau yang level pemula sampai advance ada semua.. kita tinggal cari aja sesuai kebutuhan kita

  4. Wah ternyata banyak ya pilihannya kalau kita mau ikut pelatihan daring . Aku tahunya Qubisa dan skill academy. Kalau bisa gunain kesempatan ini untuk upgrade skill, biar menambah portofolio.

  5. Udah gelombang prakerja ke sekian, dan aku masih belum pernah nyobain nih. Selalu lupa nerusin proses pendaftaran, hihi. Pengen juga padahal ngerasain pelatihan kerja dari LMS terbaik saat ini.

  6. Zaman sekarang ikut kelas pelatihan begini mudah banget ya, Kak. Asalkan niat, ada waktu dan biaya bahkan terkadang ada kelas gratisnya. Semoga bisa banyak membantu yang membutuhkan pengalaman.

  7. Ehh toss dong aku juga udah 3x ikutan QuBisa, yang 2 self developmetn soal public speaking yang mahalnya luar biasa kalau di luaran, eh alhamdulillah di QuBisa pas itu dapat gratis wkwkw. senenggg!

  8. Kak Natih sudah lolos di gelombang awal banget ya, rejeki banget euy karena sekarang persaingannya makin ketat karena peminat makin membludak. Btw, saya juga beberapa kali belajar di QuBisa. Materinya lengkap, sederhana namun aplikatif sehingga mudah dipelajari bagi pemula

  9. Udah pernah ikut QuBisa sama Skill Academy. Dulu Prakerja belum ada QuBisa. Padahal banyak banget yah sekarang kursus online QuBisa yang bisa ningkatin skill.

    1. Idem kak, daku juga baru coba Qubisa.
      Baru beberapa kali ikut kursusnya. Nanti mau dimanfaatkan lagi ikut bidang yang lain

  10. saya pernah ikutan Program Prakerja, tapi belum pernah nyobain semua platform di atas deh. Padahal penasaran banget pengen tau seperti apa jeroannya. Tapi dari yang saya baca ulasan banyak blogger, QuBisa cukup oke lah, banyak fitur dan pilihan mata pelajarannya. Nice sharing Mba Natih…

  11. pemerintah makin mendukung semua lapisan masyarakat untuk punya keahlian ya. Jadi makin minim tuh orang-orang yang nganggur dan merasa gada keahlian untuk menghasilkan uang

  12. Banyaknya platform pelatihan kerja ini ngebantu banget sih buat fresh graduate atau yang mau cari kerjaan lain setelah terkena efek pandemi. Jadi meski jurusan nggak sesuai, tapi punya skill dari kursus online, tetap bisa jadi modal untuk ngelamar kerja.

  13. Kemarin saya ikut prakerja juga mba. Ada beberapa flatfom yang sudah penuh kelasnya atau memang banyak diminati. Untung flatfotm yang lain masih banyak

  14. Sedih banget saya gagal ikut Prakerja. Katanya mungkin karena ada data tidak sinkron. Yah belum rezeki saya saja sih intinya hehehe
    Senang nih bisa mendapat pelatihan di QuBisa ilmunya keren banget

  15. Aku kemarin sempat daftar prakerja gelombang 23, ternyata belum beruntung. Rencananya mau coba gelombang selanjutnya. Kali aja bisa lolos dan bisa ikutan kelas prakerja

  16. Aku familiar dengan QuBisa nih.. Pernah pake beberapa kali dan pengajarnya enak banget dari mulai ngasih materi yang mudah dicerna dan juga tampilan webnya yang super user friendly!

  17. Saya belum pernah daftar prakerja Kak, apakah ibu rumah tangga seperti saya bisa daftar ya Kak? Jujur penasaran banget udah lama nggak ikut pelatihan-pelatihan gitu sejak jadi ibu. Jadi pengen banget daftar prakerja.

  18. Wah mba detail sekali informasi yang disampaikannya. Ini pasti bermanfaat banget nih buat mereka yang butuh ikut daftar prakerja. Jaman sekarang itu serba enak ya. Termasuk kita bisa dengan mudah meningkatkan skill diri kita dengan ikut pelatihan prakerja. Pasti membantu sekali dan ilmunya dibutuhin pas buat kerja nanti

  19. Saya sepertinya enggak bisa daftar prakerja karena dapat bantuan bairpun cuma sedikit. Prakerja ini sangat membantu pastinya buat mereka yang terdampak.

  20. Skill Academy memang keren karena dari ruang guru. Tapi cakap juga sepertinya menarik. Sering liat iklannya di smartphone tentang English Coursenya.

  21. mantap mbak natih nih, emang anak muda yang sangat inspiratif semanagt belajarnya itu lho. keren

    btw nih QuBisa emang asyik ya banyak pilihan topik di pelatihan online yang sesuai dengan kebutuhan sekarang

  22. Kehadiran paltform pelatihan kerja memberikan semua ornag yang sesuai dengan pesyaratan kesempatan untuk bisa membekali diri dengan skill, dan tentunya bisa memilih skill yang diinginkan

  23. Saya belum pernah daftar program kartu prakerja nih. Tar ah nungguin gelombang selanjutnya. Btw platform belajar onlinenya keren-keren tuh..kepoin ah. Bisa diakses secara gratis juga kan ya?

  24. Aku daftar prakerja dua kali ngga pernah nyantol nih wkwkwk. tp gpp jadi pengalaman aslinya pngen banget bisa ikutan public speaking gratis kayak di QuBisa itu ada lanjutannya ga yaaa

  25. Wah program Kartu Prakerja udah 24 gelombang aja, semoga program pemerintah ini awet sehingga banyak masyarakat yg bisa ikut.

    Dari 5 platform e-learning di atas, baru familiar 2 yaitu Skill Academy dan QuBisa karena sudah banyak teman-teman blogger yg bahas.

  26. Aku waktu dapat prakerja waktu itu pilih kelas dari skill academy sih, so far suka sama pilihan kelasnya, bagus-bagus, thanks banget lah prakerja lumayan banget dapat budget buat ikut kelas workshop buat nambah skill

  27. Kebetulan kemarin aku lagi nyari kelas belajar bikin web via wordpress dan ternyata ada di QuBisa. Senang ya sekarang belajar apapun jadi mudah. Terutama program prakerja ini sangat membantu bagi para pencari kerja.

  28. Rekomendasi platform Prakerja ini, sangat bermanfaat untuk yang mencari pelatihan yang sesuai dengan bidang yang diinginkan

  29. aku waktu lolos prakerja ambil pelatihannya di skill academy kak, dulu pas awal2 yg aku tahu platform pelatihan masih sedikit beda dengan yg sekarang makin banyak pilihan ๐Ÿ˜€

  30. Bersyukur sekali yaa, kini ada bantuan prakerja.
    Selain bisa dimanfaatkan untuk belajar online di platform yang keren, juga bisa membantu hingga bisa memiliki originalitas ide untuk membuka usaha atau menawarkan jasa yang sedang hits di zaman sekarang.

  31. Alhamdulillah banget ya sekarang. Untuk urusan memilih platform pelatihan prakerja banyak pilihannya. Jadi tinggal disesuaikan dengan passion terhadap materi kursusnya.

  32. Yang sering aku pakai pelatihan itu Skill Academy dan QuBisa. Lainnya baru mau coba nih buat kelas pelatihan nanti. Meski udh ngga bs ikut lagi program prakerja, aku ingin beli paket pelatihannya sendiri. Lumayan buat nambah skill ke depan. Persaingan hidup makin berat euy ke depan. Pokoknya ngga boleh kalah saing dgn anak zaman sekarang.

  33. saya pernah ikut Skill Academy di tahun lalu pada saat ikut Pra Kerja. But, anyway mau daftar lagi di Skill Academy karena banyak varian kursus yang menarik.

  34. Wah tos kak. Aku juga alumni Prakerja tapi di gelombang 13. Aku selalu daftar sejak gelombang 1 dibuka. Namun baru kecantol di gelombang 13.

    Insentifnya bisa aku gunain utk mulai wirausaha kecil2an. Ikut pelatihannya ya di kelas2 di atas itu. Bagus banget sih kelas2nya. Begitu juga instrukturnya. Berkelas deh.

  35. dari ke 5 platform diatas, saya pernah mencoba QuBisa aja kak tapi ambil kelas yang gratisan soalnya tiap daftar prakerja gak pernah dapat

  36. yesss scale up soft skill dan hard skill jaman sekarang tuh penting banget kalau mau bersaing di dunia kerja ya. Apalagi eranya udh digital banget, skil-skill digital dasar harus dikuasai

  37. Saya tuh sampe ada yg hangus kemaren uang pelatihannya. Sayang banget sebenarnya. Tp ape nak dikate. Kelupaan.. ๐Ÿ™‚

    Semoga teman2 yg melamar lolos ya di gelombang 24 ini.

  38. Wah, keren ya kerja samanya sekarang dgn banyak platform. Aku paling sering belajar di QuBisa, meski bukan program dari Kartu Prakerja.
    Btw … makasih ya golden tipsnya, Kak Natih. Aku udah daftar 2x belum lolos, wkwkwkwk.. Soal matematikanya bikin pusing pala Barbie. Hikss..

    1. program prakerja ini lumayan banget ya buat resources tenaga kerja yang ada biar bisa scale up skill dan knowledge ya mba. Sekarang belajar bisa dimana aja, ambil course lintas background pendidikan juga bisa, bebas pilih-pilih course sesuai minat dan kebutuhan kerja juga

      1. Ini yang disukanya, bisa belajar kapan dan dimana aja.
        Sehingga gak perlu datang ke lokasi, semisal ada bidang yg disuka tapi ternyata beda tempat

    2. Dengan banyak platform, jadi banyak pilihan buat yang ingin belajar. Tinggal disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan ya.

  39. belum pernah daftar untuk kartu prakerja karena ngga memenuhi persyaratan hehehe tapi pernah nyobain ikut beberapa pelatihan di beberapa platform dan emang bagus sih buat ngebangun dan meningkatkan kemampuan diri

  40. Kehadiran prakerja ini sangat membantu sekali ya, Mbak. Sampai sekarang sudah ada 24 gelombang. Saya pun beberapa kali daftar, cuma belum lulus hahaha.
    Tapi tidak apa-apa, saya pun mencari pelatihan yang ada. Misalnya saya ke QuBisa. Banyak kursus keren di sana. Saya sudah pernah kursus kedai kopi dan generasi sandwich.

  41. Aku suka tampilan situs prakerja yang sekarang, ngikutin tren banget. Sayang tahun ini aku gak dapet, wkwkwk. Tapi Gpp, aku masih bisa upgrade skill di Qubisa. Udah nyoba beberapa kelasnya yang gratis dan materinya gak kaleng kaleng, daging semua. Terutama terkait personal development

  42. Saya pernah ikut prakerja dan ikut skill academy sama kelas. Com. Kelas di prakerja memang rekomended semua dan bagus bagus. Ilmunya dapat. Wawasannya juga dapat. Pematerinya juga profesional semua. Jadi kita gak perlu khawatir lagi sama ilmu yang di kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese