Health

7 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Untuk Semua Kalangan

Tips menjaga kesehatan mata sangat penting untuk kita ketahui. Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam hidup kita. Para  ilmuan bilang kalau buku adalah jendela Ilmu tetapi mata adalah jendela dunia.

Tanpa mata yang sehat, kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Setuju gak?

Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial apalagi pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang membuat hampir 99% masyarakat di dunia ketergantungan dengan gadget.  Intensitas penggunaan gadget yang berlebihan pun secara tidak sadar mulai mempengaruhi kebiasaan kita sehingga mengabaikan kesehatan mata.

Bahkan menurut penelitian di Cinta yang dilansir Tribunews, jumlah penderita rabun jauh atau mata minus meningkat hingga tiga kali lipat sepanjang tahun 2020.

Saya pun pernah mengidap rabun jauh dan silinder sejak kelas 1 SMP karena seringkali lalai dalam menjaga kesehatan mata. Selama 10 tahun lamanya saya selalu ketergantungan dengan kacamata. Hingga akhirnya tahun 2020 lalu saya melakukan operasi lasik  yang menelan biaya yang terbilang tidak murah.

Agar mata minus dan silinder yang sangat menyiksa tersebut tidak kambuh lagi, saya sangat concern terhadap menjaga kesehatan mata. Tips and trik yang saya dapat dari dokter mata dan sumber-sumber internet selalu saya ikuti.

Syukurlah sampai saat ini mata saya masih normal meskipun sangat intens bekerja di depan komputer setiap hari. Tips and Trik tersebut tidak mau saya simpan sendiri, oleh karena itu saya buat artikel ini agar dapat dibaca orang lain.

Tapi ingat! Setelah baca artikel ini jangan lupa di share dan dipraktikan ya!

Mari kita simak inlah 7 tips menjaga kesehatan mata untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Tips menjaga kesehatan mata yang pertama adalah mengatur tingkat kecerahan layar. Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata , demikian pula halnya bekerja dengan cahaya yang terlalu terang. Oleh karena itu kita harus mengatur tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu redup dan tidak terlalu terang.

Jika bekerja pada malam hari, sebaiknya aktifkan night mode pada smartphone atau laptop yang mendukung fitur tersebut.

Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

kacamata-anti-radiasi-tips-menjaga-kesehatan-mata

Meskipun sekarang sudah terbebas dari kacamata minus, banyak kawan yang masih menanyakan kepada saya “Natih, kok pakai kacamata lagi?”

Well, kacamata yang saya pakai bukanlah kacamata minus melainkan kacamata anti radiasi untuk mencegah blue light masuk berlebihan ke mata saya yang sebenarnya sudah rapuh ini.

Blue light atau cahaya biru merupakan radiasi yang terpancar dari smartphone, laptop dan gadget lainnya yang dapat beresiko merusak sel-sel retina dan menimbulkan gangguan penglihatan seperti mata kering dan mata lelah.

Oleh karena itu, pemakaian kacamata anti radiasi sangat dianjurkan bila bekerja di depan laptop atau smartphone dalam waktu yang lama. Jika mata kamu sudah terlanjur rabun, usahakan membeli kacamata rabun yang juga dilapisi anti radiasi.

Eitss, jangan sembarangan membeli kacamata anti radiasi ya! Saran saya belilah di optik terpercaya atau rujukan dokter mata. Tidak apa-apa keluar uang sedikit lebih banyak, daripada kacamatanya tidak memberikan perlindungan yang maksimal.

Mengalihkan Pandangan Ke Objek Lain Setiap 20 Menit

Menatap layar gadget apalagi terlalu larut dalam tugas kantor yang numpuk saat Work From Home membuat mata akan sering lelah dan berair. Oleh karena itu usahakan untuk tarik nafas sejenak dan alihkan pandangan ke arah lain yang jaraknya pandangnya lebih jauh.

Fokuskan pandangan pada 1 titik terjauh yang bisa kamu lihat untuk melatih fokus matamu untuk melihat jarak jauh. Hal ini juga bisa digunakan sebagai terapi agar mata tidak mudah lelah dan berair. Alhasil, kamu akan lebih fokus mengerjakan deadline yang sudah ada di belakangmu.

Minum Air Putih Secukupnya

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa air putih merupakan zat cair yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh, termasuk mata. Mata pun sebenarnya bisa dehidrasi lho sehingga banyak diantara penulis atau pekerja kantoran yang mengeluh matanya sakit atau kepala pusing karena jarang minum air.

Oleh karena itu, sediakan 1 botol air mineral di dekat meja kerjamu agar bisa kamu minum setiap saat sambil ngerjain tugas.

Gunakan Obat Tetes Mata

menggunakan-obat-tetes-mata-tips-menjaga-kesehatan-mata

Jika mata terasa kering banget dan iritasi, kamu bisa gunakan obat tetes mata atau pelumas mata. Saya sangat sarankan menggunakan obat tetes mata ini karena sangat efektif dalam mengembalikan kesegaran mata setelah menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama.

Namun, obat tetes yang saya sarankan bukan sembarang obat tetes yaa, karena banyak sekali obat tetes yang beredar di pasaran yang mengandung senyawa tertentu untuk mengatasi sakit mata atau mata merah.

Jika matamu sakit karena keseringan menatap layar gadget, gunakan obat tetes mata yang tidak mengandung zat pengawet seperti navitae dan eyefresh.

Kedua obat tetes mata tersebut adalah rekomendasi dari dokter mata saya setelah operasi lasik yang sampai saat ini masih saya gunakan sesekali ketika mata kering menyerang.

Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Kaya Vitamin A

sumber-vitamin-A-tips-menjaga-kesehatan-mata

Tips selanjutnya adalah rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin A. Vitamin A merupakan senyawa antioksidan yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Asupan vitamin A yang cukup terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan sel, menjaga penglihatan tetap tajam, dan menurunkan risiko munculnya berbagai penyakit mata seperti mata rabun (baik itu rabun jauh, rabun dekat maupun rabun senja).

Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan organ reproduksi, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin bagi ibu hamil.

Sumber vitamin A ternyata tidak hanya wortel lho! Adapun sumber-sumber vitamin A dapat dari buah-buahan berwarna orange seperti mangga, tomat, melon, dan papaya. Selain itu juga dari sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, dan sayur bewarna hijau lainnya.

Saat ini saya lagi suka buat jus sayur dari campuran bayam dan buah nanas agar rasa sayurnya tidak terlalu terasa dan masih kaya akan manfaat.

Mengkonsumsi Suplemen Mata

Padatnya aktivitas sehari-hari membuat kita keseringan tidak sempat mengikuti tips nomor 6 diatas. Saya paham betul karena saya pribadi pun sering mengalaminya. Selain padatnya aktivitas, faktor lain yang menjadi penyebab dominan adalah rasa malas yang muncul tiba-tiba tanpa diundang, hihihi.

Oleh karena itu saya konsultasi dengan dokter mata perihal vitamin mata yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Dokter pun merekomendasikan vitamin mata yang mengandung ekstrak buah billberry.

Mulailah saya mencari dan membandingkan vitamin mata yang bagus di internet, dan ketemulah Eyevit.

tips-menjaga-kesehatan-mata-eyevit

Review Vitamin Mata Eyevit

Eyevit adalah vitamin untuk kesehatan mata yang diproduksi oleh PT. Lapi Laboratories Indonesia. Eyevit sangat direkomendasikan untuk mereka yang sering mengalami mata lelah, mata kering, atau mata berair akibat terlalu sering menatap layar gadget. Bisa dibilang eyevit ini vitamin mata untuk orang millennial di era digital seperti sekarang.

Sebelum review lebih lanjut yuk ketahui dulu zat baik yang terkandung pada eyevit.

Kandungan Eyevit

Eyevit memiliki banyak sekali kandungan zat yang baik untuk kesehatan mata seperti :

  • Billberry

Billberry sangat berkhasiat menyembuhkan masalah pada mata karena mengandung antioksidan yang 20 kali lipat lebih banyak dari vitamin C dan 50 kali lebih banyak dari Vitamin E.

  • Lutein dan Zeaxanthin

Lutein dan Zeaxanthin merupakan zat antioksidan yang sama-sama berperan dalam menjaga kesehatan mata. Lutein berperan sebagai pigmen warna pada mata manusia yaitu makula dan retina yang berfungsi untuk menyaring cahaya dan melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat sinar matahari. Sedangkan zeaxanthin juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel-sel pada mata.

  • Beta Karoten dan Rethinol

Beta karoten yang terkandung dalam buah dan sayuran berwarna kuning dan orange ini akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata terutama mencegah degrasi makula.

  • Vitamin E, Selenium, dan Zinc

Vitamin E, Selenium, dan Zinc merupakan zat yang sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.

eyevit-vitamin-mata

Manfaat Eyevit

Sebelum beredar dipasaran, eyevit telah melewati berbagai uji klinis termasuk uji efektivitas eyevit dalam meningkatkan kemampuan penglihatan.  Dari berbagai uji itulah dapat disimpulkan bahwa eyevit bermanfaat untuk :

  1. Menangkal radikal bebas dari sinar biru yang dapat merusak sel-sel mata
  2. Mencegah terjadinya katarak
  3. Mempertajam penglihatan mata

Varian Eyevit

Eyevit yang saat ini beredar di apotek terdiri dari dua macam varian, yaitu Eyevit tablet dan eyevit syrup. Eyevit tablet dikonsumsi oleh orang dewasa, sedangkan eyevit syrup untuk anak kecil atau orang dewasa yang kesulitan mengkonsumsi pil tablet.

Meskipun demikian, ukuran 1 tablet eyevit hanya sebesar kancing baju yang standar sehingga sangat mudah untuk ditelan.

eyevit-tablet

1 strip eyevit terdiri dari 6 tablet yang bisa dikonsumsi selama 3 hari (2 x sehari 1 tablet). Sedangkan untuk syrupnya, saya pernah belikan untuk keponakan, syrup 60 ml rasanya seperti sirup billberry yang manis dan sedikit asam.

Sama halnya seperti sirup anak-anak pada umumnya. Dosisnya pun cukup 1 kali 1 sendok teh untuk anak-anak atau 2-3 kali 1 sendok teh untuk orang dewasa.

Saya sudah mengkonsumsi Eyevit selama kurang lebih 3 bulan lamanya semenjak saya intens bekerja di depan komputer untuk skripsian dan bekerja di kantor.

Ditambah saat ini saya juga sedang fokus ngeblog dan merampungkan buku non fiksi kreatif yang sebentar lagi akan rilis. Doakan ya!

Setelah rutin mengkonsumsi eyevit saya merasakan mata saya jauh lebih tajam dan jelas. Selain itu mata jadi tidak mudah lelah saat berada di depan laptop, apalagi dibarengi dengan minum air putih yang teratur, sering istirahatkan mata, pakai kacamata anti radiasi, sesekali minum jus sayur, dan menggunakan obat tetes mata sesaat sebelum saya memulai bekerja di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Mata rasanya tambah fresh dan sehat.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata pada era digital yang mudah diterapkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata, sebab sekali lagi saya tekankan bahwa mata adalah jendela dunia.

Share informasi ini jika bermanfaat dan tinggalkan jejak di kolom komentar yuk!

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya

34 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian Japanese Japanese